Dampak Perubahan Pekerjaan Petani Sawah ke Petani Kolam Ikan Air Tawar Terhadap Kehidupan Petani. Studi di Nagari Padang Gelugur Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman

Dodo, Kurnia (2017) Dampak Perubahan Pekerjaan Petani Sawah ke Petani Kolam Ikan Air Tawar Terhadap Kehidupan Petani. Studi di Nagari Padang Gelugur Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV Penutup)
BAB IV revisi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Nagari Padang Gelugur memiliki lahan sawah seluas 1898 Ha. Luasnya lahan sawah ini membuat sebagian besar masyarakat memiliki pekerjaan sebagai petani dalam memenuhui kebutuhan hidup. Dari semua lahan yang ada belum semuanya bisa dimanfaatkan dengan baik karena terkendala masalah pengairan. Untuk mendukung sektor pertanian ini maka dilakukan perbaikan saluran irigasi. Adanya perbaikan saluran irigasi menyebabkan terjadi alih fungsi lahan dari sawah ke kolam ikan oleh petani sehingga terjadi perubahan pekerjaan petani sawah ke petani kolam ikan. Perubahan pekerjaan ini juga disebabkan faktor lain seperti faktor ekonomi dimana hasil di kolam lebih besar, sistem kerja di kolam lebih mudah dan ringan, permintaan ikan di pasar yang tinggi serta kondisi lahan yang mendukung karena tersedia saluran irigasi yang cocok untuk budidaya kolam ikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak ekonomi dan dampak sosial akibat perubahan pekerjaan petani sawah ke petani kolam ikan air tawar terhadap kehidupan petani Penelitian ini menggunakan teori Marvin Harris tentang materialisme yang menjelaskan perubahan infrastruktur atau ekonomi yang terjadi dalam masyarakat akan mengakibatkan perubahan struktur dan suprastruktur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan pekerjaan petani sawah ke petani kolam ikan menyebabkan terjadinya perubahan sistem kerja antara di sawah dengan di kolam ikan dalam mengolah lahannya. Perubahan sistem kerja ini terdapat dalam tahapan pembibitan sampai tahap panen. Dampak ekonomi yang muncul akibat perubahan pekerjaan ke petani kolam ikan yaitu: pertama, kebutuhan modal lebih besar. kedua, peningkatan pendapatan. ketiga, peningkatan aset petani, keempat, munculnya pekerjaan baru dalam masyarakat. Selain itu, perubahan pekerjaan ke petani kolam ikan juga membawa dampak sosial terhadap kehidupan petani yaitu: pertama, partisipasi dalam kegiatan sosial berkurang. Kedua, perubahan gaya hidup. ketiga, semakin kuatnya hubungan patron klien yang terbentuk antara toke ikan dengan petani.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Indraddin, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 21 Apr 2017 02:17
Last Modified: 21 Apr 2017 02:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24445

Actions (login required)

View Item View Item