ANALISIS PENGARUH PERENCANAAN PAJAK (TAX PLANNING) ATAS PAJAK PENGHASILAN BADAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Perdagangan, Jasa dan Investasi yang Terdaftar di BEI Tahun 2010−2015)

Novita, Ratih Emilia (2017) ANALISIS PENGARUH PERENCANAAN PAJAK (TAX PLANNING) ATAS PAJAK PENGHASILAN BADAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Perdagangan, Jasa dan Investasi yang Terdaftar di BEI Tahun 2010−2015). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB akhir (Penutup-Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai dan memperoleh bukti empiris menegenai pengaruh perencanaan pajak (tax planning) atas pajak penghasilan badan terhadap maanjemen laba. Objek pada penelitian ini adalah perusahaan non manufaktur yang tergolong Sektor Perdagangan, Jasa dan Investasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010−2015. Penelitian ini menggunakan statstik deskriptif, uji normalitas dan regresi linier sederhana untuk menganalisis data. Variabel dependen pada penelitian ini adalah manajemen laba, sedangkan variabel independennya adalah perencanaan pajak (tax planning). Berdasarkan hasil dari analisis data, penelitian ini memperlihatkan bahwa perencanaan pajak (tax planning) berpengaruh positif terhadap manajemen laba pada perusahaan non manufaktur Sektor Perdagangan, Jasa dan Investasi yang terdaftar di BEI tahun 2010−2015. Analisis deskriptif menunjukkan 136 dari total sampel pada penelitian ini melakukan perencanaan pajak (tax planning) dengan tujuan untuk menghindari penurunan laba.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. H. Rinaldi Munaf, MM, CA, Ak, CPA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: s1 akuntansi reguler
Date Deposited: 20 Apr 2017 08:38
Last Modified: 20 Apr 2017 08:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24444

Actions (login required)

View Item View Item