PERBANDINGAN KUALITAS FISIK (pH, SUSUT MASAK, KEEMPUKAN DAN DAYA IKAT AIR) OTOT Longissimus dorsi, Biceps femoris DAN Triceps brachii PADA SAPI PERANAKAN ONGOLE

addinul, akmal (2017) PERBANDINGAN KUALITAS FISIK (pH, SUSUT MASAK, KEEMPUKAN DAN DAYA IKAT AIR) OTOT Longissimus dorsi, Biceps femoris DAN Triceps brachii PADA SAPI PERANAKAN ONGOLE. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
01. COVER AKMAL.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
06. BAB I AKMAL.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
10. BAB V AKMAL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
11. DAFTAR PUSTAKA AKMAL.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kualitas fisik daging dari tiga jenis otot yang berbeda pada sapi Peranakan Ongole. Penelitian ini menggunakan daging sapi Peranakan Ongole pada bagian otot Longgisimus dorsi, Biceps femoris, danTriceps brachii yang diambil pada sapi jantan yang berumur 2,5-3 tahun sebanyak 250 gram dari 6 ekor sapi Peranakan Ongole. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK), dengan 3 jenis otot (Longissimus dorsi, Biceps femoris dan Triceps brachii) dan 6 kelompok pengambilan sampel sebagai ulangan. Data penelitian ini diolah menggunakan analisis variasi (ANOVA), jika perlakuan menunjukkan perbedaan yang nyata maka dilakukan uji lanjut menggunakan Uji Jarak Berganda/Duncan Multi Range Test (DMRT). Peubah yang diukur adalah pH daging, susut masak, keempukan, dan daya ikat air. Perbedaanjenisotottidakmemberikanpengaruh yang nyata (P>0,05) terhadap pH daging (5,49-5,62), susut masak (32,08%-34,07%), dan daya ikat air (46,46%-49,76%). Perbedaan jenis otot memberikan pengaruh yang nyata (P<0,05) terhadap keempukan/daya putus, dimana daya putus tertinggi pada otot Biceps femoris (7,73 kg/cm2), otot Triceps brachii (6,80 kg/cm2) dan daya putus terendah pada otot Longissimus dorsi (4,70 kg/cm2). Kata kunci : Kualitas fisik, Longgisimus dorsi, Biceps femoris, Triceps brachii, sapi Peranakan Ongole.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Khasrad Dt. Sinaro, M.Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 20 Apr 2017 07:02
Last Modified: 20 Apr 2017 07:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24441

Actions (login required)

View Item View Item