EVALUASI KOMPATIBILITAS OBAT ANTIBIOTIK INJEKSI DENGAN NUTRISI PARENTERAL DAN OUTCOME CLINIC YANG TERJADI PADA PASIEN NEONATUS

Tika, Apri Elni (2017) EVALUASI KOMPATIBILITAS OBAT ANTIBIOTIK INJEKSI DENGAN NUTRISI PARENTERAL DAN OUTCOME CLINIC YANG TERJADI PADA PASIEN NEONATUS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. abstrak.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
2. Bab I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
3. Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan bayi terkait dengan prematuritas seperti fungsi usus yang belum begitu baik, hipotermia, infeksi dan hipotensi pada beberapa neonatus menyebabkan oleh pemberian makanan secara enteral tidak dapat dilakukan. Nutrisi parenteral merupakan salah satu alternatif dukungan nutrisi yang dapat menunjang tumbuh kembang neonatus selama sakit. Pemberian nutrisi parenteral yang adekuat dapat meminimalkan penurunan berat badan, dan memperbaiki outcome pertumbuhan. Pasien neonatus juga diberikan obat lainnya seperti obat antibiotik injeksi, maka kompatibilitas menjadi salah faktor penting yang perlu dipertimbangkan sebelum pemberian nutrisi parenteral dan menjadi profil keamanan dalam penggunaan nutrisi parenteral. Penelitian ini merupakan penelitian consecutive sampling dengan pengambilan data secara retrospektif pada periode September 2015-Agustus 2016 di NICU IRNA Anak RSUP Dr. M. Djamil Padang. Sampel penelitian adalah pasien rawat inap NICU yang menggunakan nutrisi parenteral dan obat antibiotik injeksi secara bersamaan. Data kompatibilitas obat antibiotik injeksi dengan nutrisi parenteral berpedoman pada Handbook on Injectable Drugs. Untuk mengetahui hubungan yang bermakna antara data kompatibilitas dengan outcome clinic pasien dilakukan menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan outcome clinic pasien neonatus dengan kriteria kompatibel/inkompatibel pada pemberian nutrisi parenteral dan obat antibiotik injeksi terdiri atas 4, yaitu sembuh 59 obat antibiotik (25%), perbaikan 17 obat antibiotik (7%), pulang paksa 1 obat antibiotik (1%) dan meninggal 3 obat antibiotik (10%). Hasil uji Chi-square di peroleh P>0,05, menunjukkan tidak ada hubungan yang bermakna antara kompatibilitas obat antibiotik injeksi dengan nutrisi parenteral terhadap outcome clinic pasien neonatus. Kata kunci : Kompatibilitas, neonatus, nutrisi parenteral, antibiotik, outcome clinic.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rahmi Yosmar, S.Farm, M.Farm, Apt
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 14 Jun 2017 15:25
Last Modified: 14 Jun 2017 15:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24358

Actions (login required)

View Item View Item