ANALISIS PARTIAL LEAST SQUARES UNTUK MENGEMBANGKAN MODEL DUKUNGAN PEMERINTAH DALAM PENGEMBANGAN UMKM KERUPUK DI KECAMATAN LUBUK ALUNG PADANG SUMATERA BARAT

Ahmad, Zaki Prinof B (2017) ANALISIS PARTIAL LEAST SQUARES UNTUK MENGEMBANGKAN MODEL DUKUNGAN PEMERINTAH DALAM PENGEMBANGAN UMKM KERUPUK DI KECAMATAN LUBUK ALUNG PADANG SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1.cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
2. bab 1.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Analisis Partial Least Squares Untuk Mengembangkan Model Dukungan Pemerintah Dalam Pengembangan UMKM Kerupuk Di Kecamatan Lubuk Alung Padang Sumatera Barat Skripsi oleh Ahmad Zaki Prinof B Pembimbing: Faisal Ali Ahmad, SP., M.Si ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Dukungan Pemerintah untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Pengembangan UMKM di kecamatan Lubuk Alung. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan respondennya adalah para pelaku UMKM kerupuk di Kecamatan Lubuk Alung. Ukuran sampel adalah 30 responden, teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data primer didapatkan dengan menyebarkan 30 kuesioner kepada responden. Pengolahan dan analisis data pada penelitian ini dilakukan menggunakan structural equation modeling dengan menggunakan software Smart PLS versi 3. Nilai R2 yang didapatkan untuk variabel Akses Keuangan adalah 0,159, variabel Teknologi 0,101, variabel Pendidikan 0,065 dan variabel Pengembangan UMKM 0,533. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan UMKM sangat dipengaruhi secara langsung oleh Akses Keuangan, Teknologi, Tantangan Pemasaran, Kemampuan Manajerial, dan Pendidikan, serta secara tidak langsung di pengaruhi oleh Dukungan Pemerintah. Dukungan Pemerintah secara tidak langsung mempengaruhi melalui Akses Keuangan, Teknologi dan Pendidikan, yang mempunyai pengaruh yang cukup kuat. Teknologi dan Tantangan Pemasaran memberikan pengaruh langsung yang lemah terhadap Pengembangan UMKM. Pengembangan UMKM dapat direfleksikan oleh variabel Dukungan Pemerintah (DK2, DK4), Akses Keuangan (AK2, AK3), Teknologi (T2, T4, T5), Tantangan Pemasaran (TP2, TP3), Kemampuan Manajerial (KM3), Pendidikan (P1, P2, P3) dan Pengembangan UMKM (PU4). Implikasi penelitian ini, pemerintah Kabupaten Padang Pariaman harus benar-benar serius untuk mendukung dan memperhatikan UMKM, sebab campur tangan atau intervensi dari pemerintah sangat dibutuhkan oleh para pelaku UMKM kerupuk, dan bagi para pelaku UMKM kerupuk hendaknya memiliki kemampuan manajerial dan meningkatkan kemampuan ini. Kata Kunci : Dukungan Pemerintah, Pengembangan UMKM, SEM PLS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: FAISAL ALI AHMAD, SP., MS
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 20 Apr 2017 06:56
Last Modified: 20 Apr 2017 06:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24264

Actions (login required)

View Item View Item