Respon Pertumbuhan Miselium Jamur Merang (Volvariella volvacea (Bull.) Singer) Dalam Beberapa Formulasi Media Agar, Media Bibit Induk Dan Media Bibit Tebar

Lasyitha, Anandita (2017) Respon Pertumbuhan Miselium Jamur Merang (Volvariella volvacea (Bull.) Singer) Dalam Beberapa Formulasi Media Agar, Media Bibit Induk Dan Media Bibit Tebar. Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian mengenai “Respon Pertumbuhan Miselium Jamur Merang (Volvariella volvacea (Bull.) Singer) Dalam Beberapa Formulasi Media Agar, Media Bibit Induk Dan Media Bibit Tebar” dilakukan pada bulan September 2016-Februari 2017 di Laboratorium Riset Mikrobiologi Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon kecepatan pertumbuhan miselium Jamur Merang terhadap penambahan formulasi alami yaitu air kelapa, air rendaman jagung, air cucian beras, air rendaman jerami, air sari kentang dan air sari tauge dalam Media Kultur (Agar, F0), Media Bibit Induk (F1) dan Media Bibit Tebar (F2). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan 7 perlakuan. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan pemberian formulasi alami memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan miselium pada Media Kultur dan Media Bibit (bibit induk dan bibit tebar). Pemberian air sari kentang memberikan hasil terbaik pada Media Agar, Media Bibit Induk dan Media Bibit Tebar dengan kecepatan pertumbuhan 4.2 cm/ 6 HSI (hari setelah inokulasi) pada media agar, 12.5 cm/12 HSI pada media bibit induk dan 9.5 cm/10 HSI pada media bibit tebar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. phil. nat. Periadnadi
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: s1 biologi biologi
Date Deposited: 20 Apr 2017 04:04
Last Modified: 20 Apr 2017 04:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24167

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item