HUBUNGAN PERILAKU MULTITASKING SAAT PERKULIAHAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS ANDALAS

WENO, PRATAMA (2015) HUBUNGAN PERILAKU MULTITASKING SAAT PERKULIAHAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
715.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kualitas mahasiswa dapat dilihat dari prestasi belajar yang diraihnya. Namun banyak hambatan yang dihadapi mahasiswa dalam kegiatan belajarnya sehingga terkadang memperoleh nilai yang kurang memuaskan. Perkembangan teknologi adalah salah satu hambatan yang dapat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Perkembangan dan penggunaan teknologi digital yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun menyebabkan mahasiswa melakukan perilaku multitasking di kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Probability Sampling, dengan jenis Proportionate Stratified Ramdom Sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala Multitasking yang disusun berdasarkan defenisi konseptual dan karakteristik yang merujuk kepada Unified theory of the Multitasking Continuum. Skala multitasking berjumlah 24 aitem (rix= 0.938). Pengukuran prestasi belajar dengan menggunakan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Sampel dalam penelitian ini adalah 113 mahasiswa Psikologi Universitas Andalas. Hasil penelitian dengan uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan adanya hubungan signifikan negatif (α = 0.014) antara perilaku multitasking saat perkuliahan dengan prestasi belajar mahasiswa Psikologi Universitas Andalas dengan kekuatan hubungan lemah (r = -0.230). Semakin tinggi perilaku multitasking akan membuat prestasi belajar mahasiswa semakin rendah. Kata Kunci : mahasiswa, multitasking, prestasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Ms Lyse Nofriadi
Date Deposited: 01 Mar 2016 03:54
Last Modified: 01 Mar 2016 03:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/2411

Actions (login required)

View Item View Item