PERBEDAAN STABILITAS DIMENSI ANTARA CETAKAN ALGINAT YANG DIBERI DESINFEKTAN EKSTRAK DAUN ALPUKAT (Persea americana mill) DENGAN NATRIUM HIPOKLORIT

AN NISAA, AMELIA (2017) PERBEDAAN STABILITAS DIMENSI ANTARA CETAKAN ALGINAT YANG DIBERI DESINFEKTAN EKSTRAK DAUN ALPUKAT (Persea americana mill) DENGAN NATRIUM HIPOKLORIT. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (PENDAHULUAN))
BAB 1.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB KESIMPULAN)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img] Text
Tugas akhir utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang : Alginat merupakan salah satu bahan cetak yang paling banyak digunakan untuk pencetakan. Desinfeksi cetakan alginat merupakan prosedur penting yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi silang. Salah satu bahan alami yang efektif digunakan sebagai desinfektan adalah daun alpukat. Proses desinfeksi diduga dapat mengubah stabilitas dimensi alginat karena sifat imbibisi dari alginat. Tujuan : Untuk mengetahui perbedaan stabilitas dimensi cetakan alginat yang diberi desinfektan ekstrak daun alpukat 100% dibandingkan dengan natrium hipoklorit 0,5%. Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah experimen laboratorium dengan metode yang digunakan adalah post test only control group design. Sampel terdiri dari 3 kelompok, yaitu 1 kelompok alginat yang disemprot dengan aquadest sebagai kontrol, 2 kelompok perlakuan yang disemprot ekstrak daun alpukat 100%, dan natrium hipoklorit 0,5% dan disimpan selama 10 menit. Diameter model gipsum hasil cetakan alginat dihitung untuk melihat perubahan dimensi yang terjadi pada masing-masing kelompok. Uji One Way Anova digunakan untuk mengetahui perbedaan stabilitas dimensi antara kelompok tersebut. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan cetakan alginat yang diberi desinfektan ekstrak daun alpukat 100% mengalami perubahan dimensi yang signifikan, yaitu sebesar 0,123 mm ± 0,011 jika dibandingkan dengan natrium hipoklorit 0,5% hanya sebesar 0,034 mm ± 0,011. Kesimpulan : Terdapat perbedaan stabilitas dimensi cetakan alginat yang diberi desinfektan ekstrak daun alpukat 100% dengan natrium hipoklorit 0,5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DR. dr. Netti Suharti, M.Kes
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 18 Apr 2017 03:47
Last Modified: 18 Apr 2017 03:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24030

Actions (login required)

View Item View Item