HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN TINDAKAN MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER GIGI RSGMP UNIVERSITAS ANDALAS TERHADAP PENGENDALIAN INFEKSI

FITRI, UTAMI (2017) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN TINDAKAN MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER GIGI RSGMP UNIVERSITAS ANDALAS TERHADAP PENGENDALIAN INFEKSI. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
cover(1).pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 PENUTUP)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
18.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
full text skripsi riri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang : Di bidang kedokteran gigi tingkat resiko terjadinya infeksi silang bisa dibilang sangat tinggi. Hal ini disebabkan karena dalam melaksanakan perawatan gigi operator dapat berkontak langsung dengan saliva dan darah pasien. Pelaksanaan kewaspadaan standar sangat penting dalam praktek sehari-hari karena selain sebagai aturan yang harus dipatuhi, hal ini juga dapat menghindari operator maupun pasien terhadap infeksi silang Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan tindakan mahasiswa program profesi terhadap pengendalian infeksi. Metode : Jenis penelitian ini menggunakan observasi analitik dengan desain cross sectional. Jumlah sampel 61 mahasiswa program profesi dokter gigi. Teknik sampel dengan cara random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan kuesioner mengenai pengetahuan dan sikap kepada mahasiswa program profesi dokter gigi serta dilakukan observasi tindakan terhadap pengendalian infeksi. Analisis statistik menggunakan uji chi-square. Hasil : Terdapat hubungan antara pengetahuan dengan tindakan terhadap pengendalian infeksi dengan nilai p=0.0005 dan terdapat hubungan antara sikap dengan tindakan terhadap pengendalian infeksi dengan nilai p=0.023. Kesimpulan : pengetahuan yang tinggi dan disertai sikap yang positif akan mempengaruhi tindakan yang baik terhadap pengendalian infeksi. Kata Kunci : Infeksi silang, Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Kewaspadaan standar. Kepustakaan : 29 (1997-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Kuswardani Susari Putri, M.si,Psikolog
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 12 Apr 2017 07:50
Last Modified: 12 Apr 2017 07:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23853

Actions (login required)

View Item View Item