SELEKSI BAKTERI ENDOFIT INDIGENOS UNTUK PENGENDALIAN PENYAKIT LAYU FUSARIUM (Fusarium oxysporum f. sp lycopersici Sacc) PADA TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.)

SUHELMI, RAHMA RACHIM (2016) SELEKSI BAKTERI ENDOFIT INDIGENOS UNTUK PENGENDALIAN PENYAKIT LAYU FUSARIUM (Fusarium oxysporum f. sp lycopersici Sacc) PADA TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Utuh)
Skripsi Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Bakteri endofit indigenos (BEI) salah satu alternatif pengendalian penyakit layu yang disebabkan patogen Fusarium oxysporum f. sp lycopersici (Fol). Tujuan penelitian memperoleh isolat bakteri endofit indigenos yang potensial untuk mengendalikan Fol dan meningkatkan pertumbuhan tanaman tomat. Penelitian dilakukan secara in planta dan disusun menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 14 perlakuan dan 5 ulangan. Hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam dan dilanjutkan dengan uji Least Significance Difference (LSD) pada taraf 5%. Penelitian terdiri dari 3 tahap: Tahap I isolasi BEI dari akar tanaman tomat. Sampel diambil di Kabupaten Agam dan Kabupaten Solok, menggunakan metode acak terpilih (Purpossive Random Sampling). Tahap II seleksi isolat BEI dalam meningkatkan pertumbuhan bibit tomat (PGPR) diperoleh 7 isolat yang memiliki kemampuan meningkatkan daya muncul lapang dan pertumbuhan bibit tomat dan 4 isolat terpilih. Tahap III seleksi kemampuan isolat BEI untuk pengendalian penyakit layu fusarium pada tanaman tomat. Diperoleh 6 isolat tidak menunjukkan gejala serangan Fol hingga akhir pengamatan yaitu isolat SN.E.2.1, TL.E.1.2, TL.E.1.3, TL.E.2.1, TL.E.2.4, dan TL.E.2.5. Isolat TL.E.2.5, TLE.2.2, dan TL.E.1.3 mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman tomat dan isolat TL.E.2.5 dan TL.E.1.3 memiliki kemampuan paling baik dalam meningkatkan ketahanan tomat terhadap penyakit layu fusarium dengan efektivitas mencapai 100% dan meningkatkan pertumbuhan tanaman tomat. Kata kunci : bakteri endofit, indigenos, in planta, layu fusarium, tomat

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yulmira Yanti, SSi, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 11 Apr 2017 06:48
Last Modified: 11 Apr 2017 06:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23762

Actions (login required)

View Item View Item