UJI MEDIA PERBANYAKAN DAN PATOGENISITAS Aspergillus flavus TERHADAP PENGGEREK POLONG Etiella zinckenella (Lepidoptera :Pyralidae)

Temteri, Temteri (2017) UJI MEDIA PERBANYAKAN DAN PATOGENISITAS Aspergillus flavus TERHADAP PENGGEREK POLONG Etiella zinckenella (Lepidoptera :Pyralidae). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Cendawan Aspergillus flavus merupakan salah satu cendawan yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai agen hayati. Penelitian telah dilaksanakan di Laboratorium Pengandalian Hayati Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Unand dari bulan Mei sampai Juli 2016. Penelitian bertujuan mendapatkan substrat yang terbaik untuk perbanyakan cendawan A. flavus dengan patogenisitas tertinggi terhadap Etiella zinckenella. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yaitu 4 perlakuan dengan 4 ulangan.Perlakuan adalah jenis substrat sebagai media perbanyakan A. flavus dengan kerapatan konidia 108 konidia/ml yaitu beras, tongkol jagung, ampas tebu dan ampas kulit kopi. Parameter yang diamati adalah kerapatan konidia, daya kecambah konidia, mortalitas larva, persentase pupa terbentuk dan persentase imago terbentuk. Data dianalisis dengan sidik ragam dan dilanjutkan dengan uji LSD (Least Significant Different) pada taraf 5%.Hasil penelitian menunjukkan A. flavus yang diperbanyak pada substrat ampas tebu merupakan substrat yang terbaik menyebabkan mortalitas larva 62,5%, rata-rata konidia 7 x 109konidia/gram dan daya kecambah konidia 71,75%. Kata kunci:A. flavus, konidia, mortalitas, substrat

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.Ir.Novri Nelly, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:33
Last Modified: 07 Apr 2017 03:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23733

Actions (login required)

View Item View Item