PELAKSANAAN PEMBINAAN TERHADAP ANAK PIDANA YANG TERLIBAT TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS IIB TANJUNG PATI

WAHYU, MUHAMMAD WAHYU SYAHPUTRA (2017) PELAKSANAAN PEMBINAAN TERHADAP ANAK PIDANA YANG TERLIBAT TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS IIB TANJUNG PATI. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan abstrak .pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I PENDAHULUAN .pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab IV)
BAB IV PENUTUP .pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar kepustakaan .pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img] Text (skripsi fulltext)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PELAKSANAAN PEMBINAAN TERHADAP ANAK PIDANA YANG TERLIBAT TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS IIB TANJUNG PATI ( Muhammad Wahyu Syahputra, 1110113047, Fakultas Hukum Universitas Andalas, 63 Halaman) ABSTRAK Penyebaran Narkoba pada saat ini sudah tidak memandang usia sehingga anak pun bisa terjerumus dalam narkoba. Akibat tidak adanya perlindungan dan perhatian khusus kepada anak akan menimbulkan berbagai permasalahan sosial penegakan hukum, keamanan, dan pembangunan nasional. Bagi anak yang di jatuhi pidana akan di tempatkan dan dibina di Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Lembaga Pembinaan Khusus Anak memiliki peran penting dalam pelaksanaan pembinaan bagi anak yang terlibat kasus tindak pidana penyalahgunaan narkoba sehingga anak yang terlibat kasus narkoba setelah diadakan pembinaan nantinya tidak akan mengulangi tindak pidana tersebut. Adapun rumusan masalah yang dibahas adalah 1. Bagaimana pelaksanaan pembinaan terhadap anak pidana yang terlibat tindak pidana peyalahgunaan narkoba di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas IIB Tanjung Pati 2. Apa yang menjadi kendala yang di hadapi oleh petugas Lembaga Pembinaan dalam melakukan pembinaan terhadap anak pidana yang terlibat tindak pidana peyalahgunaan narkoba 3. Bagaimana upaya yang diambil oleh petugas Lembaga Pembinaan untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan pembinaan terhadap anak pidana yang terlibat tindak pidana penyalahgunaan narkoba . Metode yang digunakan adalah yuridis sosiologis yaitu pendekatan yang dilakukan langsung di lapangan untuk memperoleh data primer dengan melakukan wawancara. Analisa dilakukan secara kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembinaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas IIB Tanjung Pati terdiri dari Pembinaan kepribadian yang berupa pendidikan, kesehatan, serta jasmani dan rohani. Serta pembinaan kemandirian. Pembinaan di Lembaga Pembinaan juga memperlakukan anak secara manusiawi, dan penempatannya telah dipisah dari narapidana dewasa yang perempuan, Kendala di Lemabaga Pembinaan Khusus Anak Klas II B Tanjung Pati kurangnya sarana prasarana terhadap pembinaan anak pidana, seperti buku bacaan yang kurang lengkap dan tidak adanya psikolog anak, serta keluarga dan masyarakat kurang peduli terhadap anak tersebut. Upaya dalam mengatasi kendala yang dihadapi oleh Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas IIB Tanjung Pati dengan melengkapi sarana dan prasarana sebagai penunjang dalam pembinaan serta melakukan pendekatan kepada Lembaga atau Dinas terkait dengan pembinaan terhadap narapidana anak agar dapat berjalan baik dan berguna seperti LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:13
Last Modified: 29 Mar 2017 04:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23646

Actions (login required)

View Item View Item