CAPACITY BUILDING PEMERINTAH NAGARI DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN NAGARI (Studi Pada Nagari Kunangan Parik Rantang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung)

Bayu, Murti Nanda (2017) CAPACITY BUILDING PEMERINTAH NAGARI DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN NAGARI (Studi Pada Nagari Kunangan Parik Rantang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 (Penutup))
BAB 5 (Penutup).pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemerintah mengeluarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa memberikan kesempatan yang besar bagi nagari untuk mengurus tata pemerintahannya sendiri serta pelaksanaan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat nagari. Selain itu, Pemerintah Nagari diharapkan lebih mandiri dalam mengelola pemerintahan dan berbagai sumber daya alam yang dimiliki, termasuk dalam pengelolaan keuangan dan kekayaan milik nagari. Begitu besar peran yang diterima oleh nagari tentu disertai dengan tanggung jawab yang besar pula. Oleh sebab itu, perlu adanya upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan kinerja Pemerintah Nagari dalam pengelolaan keuangan nagari salah satunya adalah dengan melakukan pengembangan kapasitas (capacity building). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis capacity building Pemerintah Nagari dalam pengelolaan keuangan nagari di Nagari Kunangan Parik Rantang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Keberhasilan Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung dalam meraih Penghargaan Anugrah Desa membangun Indonesia kategori “Regulasi dan Pemberdayaan Masyarakat Desa” dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia. Kabupaten ini dinilai sangat baik dalam meningkatkan kapasitas Pemerintah Nagari dan juga merupakan kabupaten pertama kali yang menerima Dana Desa Tahun Anggaran 2015 di Provinsi Sumatera Barat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Teori yang peneliti gunakan adalah teori dimensi capacity building oleh Grindle (1997) yaitu dimensi pengembangan sumber daya manusia, dimensi penguatan organisasi, dan dimensi reformasi kelembagaan. Data yang peneliti gunakan adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa capacity building Pemerintah Nagari dalam pengelolaan keuangan nagari di Nagari Kunangan Parik Rantang sudah berjalan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari pendekatan-pendekatan yang dilakukan dalam upaya pengembangan kapasitas Organisasi Pemerintah Nagari. Akan tetapi, masih perlu terus dilakukan perbaikan terhadap sistem gaji/upah, insentif, serta optimalisasi peran Wali Nagari dalam menjalankan fungsi kepemimpinan sebagai wujud dari peningkatan kinerja Pemerintah Nagari dalam pelaksanaan tugas pengelolaan keuangan nagari. Kata Kunci: Capacity Building, Pemerintah Nagari, Pengelolaan Keuangan Nagari

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 22 Mar 2017 07:05
Last Modified: 22 Mar 2017 07:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23630

Actions (login required)

View Item View Item