PENERAPAN SANKSI PIDANA TERHADAP PENGEMUDI KENDARAAN BERMOTORA RODA 2 (DUA) YANG KARENA KELALAIAN MENGAKIBATKAN MATINYA ORANG (STUDI KASUS PENGADILAN NEGERI KLAS I A PADANG)

Elfrita, Dewi Lumban Gaol (2016) PENERAPAN SANKSI PIDANA TERHADAP PENGEMUDI KENDARAAN BERMOTORA RODA 2 (DUA) YANG KARENA KELALAIAN MENGAKIBATKAN MATINYA ORANG (STUDI KASUS PENGADILAN NEGERI KLAS I A PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover Dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)

Abstract

PENERAPAN SANKSI PIDANA TERHADAP PENGEMUDI KENDARAAN BERMOTORA RODA 2 (DUA) YANG KARENA KELALAIAN MENGAKIBATKAN MATINYA ORANG (STUDI KASUS PENGADILAN NEGERI KLAS I A PADANG) Elfrita Dewi Lumban Gaol, 1110111027, Fakultas Hukum Universitas Andalas, PK IV (Hukum Pidana) , 65 halaman, Tahun 2016 ABSTRAK Dewasa ini pengguna kendaraan bermotor semakin bertambah, sehingga mengakibatkan keadaan lalu lintas semakin ramai. Masalah lalu lintas semakin hari semakin bertambah parah, yang diakibatkan para pengendara dan pengguna jalan raya yang sibuk dengan kepentingan sendiri tanpa memperdulikan keselamatan dirinya dan orang lain. Meningkatnya jumlah angka kendaraan bermotor menyebabkan kemacetan dimana-mana, maka motor adalah salah satu solusi kendaraan yang cepat menembus kemacetan. Kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi karena adanya kelalaian dari pengemudi dalam mengemudikan kendaraannya. Sehingga mengakibatkan angka kecelakaan setiap tahun semakin tinggi, dan faktor tersebut mempengaruhi yang karena kelalaianya dalam lalu lintas menyebabkan matinya orang lain. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: a). Penerapan Sanksi Pidana Pengemudi Kendaraan Roda Dua yang Karena Kelalaian Mengakibatkan Kematian Orang Lain di Jalan Raya. b) Pertimbangan Hakim dalam Menjatuhkan Putusan terhadap Pelaku Tindak Pidana Kecelakaan Lalu Lintas yang Kelalaian Mengakibatkan Kematian Seseorang. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan sanski terhadap pelaku yaitu berdasarkan Pasal 310 ayat (4) UU No. 22 Tahun 2009 dan pertimbangan hakim berdasarkan pertimbangan yuridis dengan menggunakan pasal 310 ayat (4) UU No 22 Tahun 2009 dasar penjatuhan pidana terhadap pengemudi kendaraan bermotor roda dua yang karena kelalaiannya mengakibatkan orang lain meninggal dunia. Serta didukung dengan alat bukti serta keterangan dari para saksi, keterangan terdakwa serta non yuridis yang mana hal yang memberatkan dan meringgankan putusan hakim. Oleh karena itu para pengemudi dan pengguna jalan harus berhati-hati dan mematuhi tata tertib berlalu lintas dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan agar kecelakan dapat dihindari. Kata Kunci :Sanksi Pidana, Kelalaian, Matinya Orang, Kendaraan Bermotor

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 22 Mar 2017 03:28
Last Modified: 22 Mar 2017 03:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23628

Actions (login required)

View Item View Item