HUBUNGAN KADAR ALBUMIN SERUM DENGAN DERAJAT KEPARAHAN PNEUMONIA KOMUNITAS PADA PASIEN GERIATRI YANG DIRAWAT DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

NUR, AINA SIDDIQ (2017) HUBUNGAN KADAR ALBUMIN SERUM DENGAN DERAJAT KEPARAHAN PNEUMONIA KOMUNITAS PADA PASIEN GERIATRI YANG DIRAWAT DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. ABSTRAK FIX.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
2. PDF BAB 1.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7)
3. PDF BAB 7.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. PDF DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
5. PDF (FULL TEXT).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pneumonia merupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas pada geriatri. Peningkatan frekuensi dan keparahan pneumonia pada geriatri sebagian besar berhubungan dengan penuaan sistem organ dan munculnya penyakit komorbid akibat usia, hal tersebut berdampak pada penurunan kadar albumin serum penderita pneumonia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kadar albumin serum dengan keparahan pneumonia komunitas yang diderita pasien geriatri. Jenis penelitian adalah retrospektif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Sampel penelitian berjumlah 52 responden. Data diambil dari rekam medik pasien pneumonia komunitas yang dirawat di RSUP Dr. M. Djamil Padang dari bulan Januari sampai Desember 2015 (data meliputi status kesadaran, kadar ureum, frekuensi nafas, tekanan darah, usia, dan kadar albumin serum pasien). Penilaian derajat keparahan dilakukan dengan menghitung skor CURB-65. Penelitan dilakukan dari bulan November sampai Desember 2016. Derajat keparahan ringan paling banyak ditemukan pada pasien dengan normoalbumin yaitu sebanyak 8 orang (57,1%) dibandingkan dengan derajat keparahan sedang 2 orang (14,3%) dan berat 3 orang (21,4%). Derajat keparahan ringan paling banyak ditemukan pada pasien dengan hipoalbumin yaitu sebanyak 20 orang (51,3%) dibandingkan dengan derajat keparahan sedang 12 orang (30,8%) dan berat 7 orang (17,9%). Hasil penelitian didapatkan tidak adanya hubungan antara kadar albumin serum dengan derajat keparahan pneumonia komunitas pada pasien geriatri. Diharapkan ada penelitian lebih lanjut dengan menggunakan studi prospektif dan sampel yang lebih banyak. Kata kunci : albumin, derajat keparahan, pneumonia komunitas, geriatri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 pendidikan kedokteran
Date Deposited: 22 Mar 2017 08:26
Last Modified: 22 Mar 2017 08:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23601

Actions (login required)

View Item View Item