KELIMPAHAN UBUR-UBUR (Aurelia aurita L.) DI PERAIRAN PANTAI BATUKALANG TARUSAN, KABUPATEN PESISIR SELATAN, SUMATERA BARAT

Firdawati, Febrina Rahmah (2017) KELIMPAHAN UBUR-UBUR (Aurelia aurita L.) DI PERAIRAN PANTAI BATUKALANG TARUSAN, KABUPATEN PESISIR SELATAN, SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1- Pendahuluan)
Bab 1- Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5- Penutup)
Bab 5- Penutup.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
Skripsi Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ubur-ubur merupakan biota laut yang melimpah di Perairan Indonesia namun dianggap merugikan dan limbah bagi nelayan karena sel penyengat yang dimilikinya, sehingga belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelimpahan ubur-ubur (Aurelia aurita L.) di Perairan Pantai Batu Kalang Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret, Mei dan Oktober 2016 dengan metode survei serta pembagian 2 lokasi yaitu lokasi I berjarak 50 m dari pantai dan lokasi 2 berjarak 150 m dari pantai kemudian dibagi menjadi 6 titik sampling. Hasil yang didapatkan yaitu pada bulan Maret didapatkan A. aurita L. sebanyak 27 ind/20 usaha, pada bulan Mei sebanyak 76 ind/20 usaha dan bulan Oktober sebanyak 15 ind/20 usaha, dari 3 bulan pengamatan A.aurita L. lebih banyak ditemukan di lokasi 1 daripada lokasi 2. Pada bulan Maret didapatkan A.aurita L. pada fase hidup ephyra sedangkan pada bulan Mei dan Oktober didapatkan A. aurita L. dalam fase hidup medusa. Nilai rata-rata diameter tubuh A. aurita L. pada bulan Maret adalah 10,26 cm, pada bulan Mei 25,80 cm dan pada bulan Oktober 13,53 cm. Hubungan antara diameter dan berat tubuh A. aurita L. adalah linier positif, semakin besar diameter maka semakin berat tubuh A. aurita L. Kata Kunci: Aurelia aurita L., Batukalang, Kelimpahan, Ubur-ubur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: s1 biologi biologi
Date Deposited: 13 Mar 2017 04:21
Last Modified: 13 Mar 2017 04:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23541

Actions (login required)

View Item View Item