PATOGENISITAS BEBERAPA ISOLAT CENDAWAN ENDOFIT DARI KACANG TANAH TERHADAP PENGGEREK POLONG Etiella zinckenella Treit. (LEPIDOPTERA:PYRALIDAE)

LEI, HARISMI ERLINA (2016) PATOGENISITAS BEBERAPA ISOLAT CENDAWAN ENDOFIT DARI KACANG TANAH TERHADAP PENGGEREK POLONG Etiella zinckenella Treit. (LEPIDOPTERA:PYRALIDAE). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Cendawan endofit merupakan cendawan yang hidup dalam jaringan tanaman yang berperan sebagai agen hayati dalam mengendalikan serangga hama tanaman. Penelitian telah dilaksanakan di Laboratorium Pengendalian Hayati Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang pada bulan Juni sampai Agustus 2016. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui jenis cendawan endofit dari kacang tanah yang bersifat patogen terhadap penggerek polong E. zinckenella. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua perlakuan kontrol dan empat perlakuan isolat cendawan endofit: Aspergillus sp. (MB 2.2.3 dan KB 3.2.1) dan Beauveria bassiana (TDT 1.1.2 dan TDD 1.1.1). Konsentrasi kerapatan konidia yang digunakan adalah 108 konidia/ml. Pengamatan dilakukan terhadap perkembangan gejala larva yang terinfeksi cendawan endofit, mortalitas larva, persentase cendawan endofit yang bersporulasi pada larva, persentase pupa terbentuk, persentase imago terbentuk, dan kerapatan konidia cendawan endofit yang bersporulasi pada larva. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua isolat cendawan endofit bersifat patogen terhadap E. zinckenella. Isolat yang paling virulen dalam mengendalikan larva E. zinckenella adalah B. bassiana isolat TDD 1.1.1 dan Aspergillus sp. isolat KB 3.2.1 menyebabkan mortalitas larva sebesar 60,00% dan 57,50%. Kata kunci: Cendawan endofit, Aspergillus sp., B. bassiana, E. zinckenella

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 06 Mar 2017 02:42
Last Modified: 06 Mar 2017 02:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23482

Actions (login required)

View Item View Item