PENERAPAN ASAS PRADUGA TAK BERSALAH DALAM PROSES PERSIDANGAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA NARKOTIKA DI PENGADILAN NEGERI KELAS IA PADANG

Indah, Pertiwi (2017) PENERAPAN ASAS PRADUGA TAK BERSALAH DALAM PROSES PERSIDANGAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA NARKOTIKA DI PENGADILAN NEGERI KELAS IA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK INDAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I SKRIPSI INDAH-.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV PENUTUP)
BAB IV PENUTUP SKRIPSI INDAH-.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI INDAH-.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)

Abstract

Salah satu kejahatan terbesar di Indonesia adalah peredaran dan penyalahgunaan narkotika. Pengguna narkotika mulai dari remaja hingga orang dewasa. Peredaran dan penyalahgunaan narkotika di Indonesia sudah berada pada tingkat yang mengkhawatirkan. Kadangkala terdakwa yang sampai pada tahap persidangan di pengadilan bukan merupakan pelaku murni melainkan korban yang dijadikan umpan atau dijebak. Namun tentu dalam penerapan persidangan, masyarakat maupun aparat penegak hukum harus tetap menghormati hak-hak dari terdakwa tersebut. Dalam tahap ini hak-hak terdakwa tersebut cenderung tidak diakui karena dianggap sudah merupakan pelaku dalam tindak pidana tersebut. Adapun permasalahan yang ingin diteliti adalah : 1. Bagaimana penerapan asas praduga tak bersalah dalam proses persidangan terhadap pelaku tindak pidana narkotika di Pengadilan Negeri Kelas IA Padang dan 2. Bagaimana akibat hukum jika asas praduga tak bersalah tidak dilaksanakan dalam proses persidangan terhadap pelaku tindak pidana narkotika di Pengadilan Negeri Kelas IA Padang. Hal ini bertujuan untuk mengetahui penerapan asas praduga tak bersalah dalam proses persidangan terhadap pelaku tindak pidana narkotika dan mengetahui akibat hukum jika asas praduga tak bersalah tidak dilaksanakan dalam proses persidangan terhadap pelaku tindak pidana narkotika di Pengadilan Negeri Kelas IA Padang. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah yuridis sosiologis (empiris) dan penelitian bersifat deskriptif, berdasarkan pengolahan data primer dan sekunder dari penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Dalam hal penerapan asas praduga tak bersalah dalam proses persidangan terhadap pelaku tindak pidana narkotika di Pengadilan Negeri Kelas IA Padang secara formalitas sudah dilaksanakan. Dalam arti prosedur beracara di sidang pengadilan sudah dilaksanakan sesuai dengan alurnya. Namun dalam pelaksanaan secara materil menyangkut dengan hak-hak terdakwa dalam proses persidangan yang berhubungan dengan asas praduga tak bersalah tidak sepenuhnya diterapkan. Akibat hukum tidak dilaksanakannya asas praduga tak bersalah secara optimal tidak memberikan pengaruh apapun terhadap jalannya persidangan di Pengadilan Negeri Kelas IA Padang. Namun pada hakikatnya jika asas praduga tak bersalah tidak dilaksanakan maka aparat penegak hukum akan menjadi salah jalan dan salah arah serta dapat melanggar kode etik profesi hakim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 01 Mar 2017 08:06
Last Modified: 01 Mar 2017 08:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23478

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item