“Pengaruh Pencampuran Daging Kerang Lokan (Geloina erosa) dan Bubuk Jamur TiramPutih (Pleurotus ostreatus) Terhadap Karakteristik Bakso Lokan yang Dihasilkan’’.

Riri, Andri Yeni (2016) “Pengaruh Pencampuran Daging Kerang Lokan (Geloina erosa) dan Bubuk Jamur TiramPutih (Pleurotus ostreatus) Terhadap Karakteristik Bakso Lokan yang Dihasilkan’’. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img] Text (skripsi fill teks)
BAB I (Repaired).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengaruh Pencampuran Daging Kerang Lokan (Geloina erosa) dan Bubuk Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) Terhadap Karakteristik Bakso Lokan yang Dihasilkan. Riri Andri Yeni, Netty Sri Indeswari, Novelina ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pencampuran daging kerang lokan dan bubuk jamur tiram putih terhadap karakteristik, formulasi dan nilai organoleptik terbaik terhadap bakso daging kerang lokan yang dihasilkan. Penelitian ini telah dilakukan di Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian Universitas Andalas pada bulan Mei sampai dengan Agustus 2016. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan ANOVA dan jika berbeda nyata, dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Perlakuan penelitian adalah perbandingan pencampuran antara daging kerang lokan dan bubuk jamur tiram putih dengan perbandingan sebagai berikut : A (90% : 10%), B (80% : 20%), C (70% : 30%), D (60% : 40%), E (50% : 50%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencampuran daging kerang lokan dan bubuk jamur tiram putih pada berbagai perbandingan campuran memberikan pengaruh yang nyata terhadap kadar abu, kadar protein, kadar lemak, kadar karbohidrat, kadar serat kasar, uji lipat, uji dan organoleptik. Tetapi tidak berpengaruh nyata pada kadar air dan angka lempeng total. Semua perlakuan sudah memenuhi standar SNI 3818-2014. Berdasarkan hasil uji organoleptik, bakso dari pencampuran daging kerang lokan dan bubuk jamur tiram putih yang terbaik menurut panelis adalah bakso dengan perlakuan A (Daging Kerang Lokan 90% : Bubuk Jamur Tiram 10%) Dengan kriteria warna 4,00%, aroma 3,90%, rasa 3,97%, dan tekstur 3,73%. Kriteria lainya adalah kadar air 59,02%, kadar abu 2,28%, kadar protein 11,02%, kadar lemak 1,23%, karbohidrat 25,81%, kadar serat kasar 1,05%, angka lempeng total 1,5 x 104 Coloni/g, uji lipat 3,67 dan E. Coli negatif <3 APM/g. Kata Kunci : daging kerang lokan, bakso, jamur tiram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 28 Feb 2017 03:08
Last Modified: 28 Feb 2017 03:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23451

Actions (login required)

View Item View Item