PENGARUH PERBANDINGAN MEDIA TANAH DENGAN BAHAN ORGANIK LIMBAH TATAL KARET DAN PUPUK NPKMg TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT AREN (Arenga pinnata Merr)

Rima, Hutrilla (2017) PENGARUH PERBANDINGAN MEDIA TANAH DENGAN BAHAN ORGANIK LIMBAH TATAL KARET DAN PUPUK NPKMg TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT AREN (Arenga pinnata Merr). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
bab 5.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img] Text (tugas akhir full text)
Tugas akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH PERBANDINGAN MEDIA TANAH DENGAN BAHAN ORGANIK LIMBAH TATAL KARET DAN PUPUK NPKMg TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT AREN (Arenga pinnata Merr) ABSTRAK Penelitian dalam bentuk percobaan dilapangan ini adalah tentang pengaruh perbandingan media tanah dengan limbah tatal karet dengan takaran pupuk NPKMg 15-9-20-2 terhadap pertumbuhan bibit kelapa aren. Percobaan dilakukan di areal pembibitan kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas, percobaan ini berlangsung dari bulan Agustus sampai November 2016. Tujuan dari percobaan ini adalah mengetahui interaksi dan pengaruh pemberian bahan organik limbah tatal karet dan pupuk NPKMg 15-9-20-2 dengan dosis tertentu terhadap pertumbuhan bibit aren. Rancangan yang digunakan dalam percobaan ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dua faktor, dengan faktor pertama 5 taraf, faktor kedua 4 taraf dan 3 ulangan. Data hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam. Faktor pertama adalah limbah tatal karet dengan 5 taraf yaitu 10% limbah tatal karet + 90% tanah, 20% limbah tatal karet + 80% tanah, 30% limbah tatal karet + 70% tanah, 40% limbah tatal karet + 60% tanah, 50% limbah tatal karet + 50% tanah. Faktor kedua adalah pupuk NPKMg yang terdiri dari 4 taraf yaitu 2½, 5, 7½, dan 10 g/polibag. Hasil percobaan menunjukkan bahwa perbandingan media tanah dengan limbah tatal karet dan pupuk NPKMg memberikan pengaruh yang sama terhadap hampir semua variabel pertumbuhan bibit aren umur 16 MST, interaksi ini tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit aren. Kata kunci : Media tanah, Aren, Tatal Karet, Pupuk NPKMg, Taraf

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 17 Feb 2017 03:55
Last Modified: 17 Feb 2017 03:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23328

Actions (login required)

View Item View Item