KARAKTERISASI BEBERAPA ISOLAT JAMUR Metarhizium spp. dan VIRULENSINYA TERHADAP KEPIK HIJAU (Nezara viridula L.) (Hemiptera:Pentatomidae)

Poppy, Suspalana (2016) KARAKTERISASI BEBERAPA ISOLAT JAMUR Metarhizium spp. dan VIRULENSINYA TERHADAP KEPIK HIJAU (Nezara viridula L.) (Hemiptera:Pentatomidae). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Abstrak .pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
Skripsi Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Metarhizium spp. merupakan salah satu jenis jamur yang berpotensi digunakan sebagai pengendali serangga hama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi karakter morfologi dan fisiologi isolat jamur Metarhizium spp. dan isolat yang virulen terhadap Nezara viridula L. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan adalah empat isolat jamur Metarhizium spp. Jamur Metarhizium spp. diaplikasikan pada nimfa instar IV dengan konsentrasi 108 konidia/ml. Parameter yang diamati adalah karakter morfologi (warna koloni, bentuk koloni, arah pertumbuhan koloni, bentuk konidia dan bentuk percabangan konidiofor), karakter fisiologi (pertumbuhan koloni dan daya kecambah konidia), mortalitas nimfa, persentase imago yang terbentuk, jumlah telur yang dihasilkan, dan jumlah konidia jamur Metarhizium spp. dari nimfa yang terinfeksi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan karakter morfologi dan fisiologi ke empat isolat berbeda. Isolat Met3b memiliki daya kecambah yang tertinggi (90,97%) dan pertumbuhan koloni yang tercepat (3,56 mm/hari). Hasil uji virulensi terhadap nimfa N. viridula didapatkan isolat jamur yang virulen yaitu isolat Met3b dengan tingkat mortalitas 100% dan nilai LT50 6,03 hari. Kata kunci : Entomopatogen, Metarhizium spp., Virulensi, Nezara viridula L.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 16 Feb 2017 02:13
Last Modified: 16 Feb 2017 02:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23264

Actions (login required)

View Item View Item