PENGARUH LUAS KANDANG DAN PEMBERIAN KIAMBANG DENGAN KONSENTRASI YANG BERTINGKAT MELALUI PAKAN TERHADAP BOBOT HIDUP, KARKAS DAN PERSENTASE LEMAK ABDOMEN ITIK SIKUMBANG JANTI

Rizki, Marchizula (2017) PENGARUH LUAS KANDANG DAN PEMBERIAN KIAMBANG DENGAN KONSENTRASI YANG BERTINGKAT MELALUI PAKAN TERHADAP BOBOT HIDUP, KARKAS DAN PERSENTASE LEMAK ABDOMEN ITIK SIKUMBANG JANTI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
3. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
7. Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
8. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara luas kandang dan pemberian kiambang dengan konsentrasi yang bertingkat melalui pakan terhadap bobot hidup dan performa karkas itik Sikumbang Janti. Penelitian ini menggunakan 150 ekor itik Sikumbang Janti dan perlakuan dimulai umur 2 minggu sampai 8 minggu. Percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok pola Split plot design dengan 3 taraf faktor A dan 3 taraf faktor B dengan 3 kelompok. Faktor A adalah luas kandang yaitu 0,05 m2/ekor (A1), 0,07 m2/ekor (A2), 0,09 m2/ekor (A3), dan faktor B adalah pemberian kiambang 5% (B1), 10% (B2), dan 15% (B3). Peubah yang diamati adalah bobot hidup, bobot karkas, persentase karkas, dan persentase lemak abdomen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi yang nyata (P>0.05) antara luas kandang dan pemberian kiambang dengan konsentrasi yang bertingkat terhadap bobot hidup, bobot karkas, persentase karkas dan persentase lemak abdomen itik Sikumbang Janti, begitu juga dengan perlakuan pemberian kiambang dengan konsentrasi yang bertingkat memberikan pengaruh yang tidak nyata (P>0,05). Perlakuan luas kandang memberikan pengaruh yang tidak nyata (P>0,05) terhadap bobot hidup, persentase karkas, dan persentase lemak abdomen tetapi berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap bobot karkas itik Sikumbang Janti. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan luas kandang dan pemberian kiambang yang terbaik untuk itik Sikumbang Janti adalah Luas kandang A3 (0,09 m2/ekor) dan pemberian kiambang B3 (15%). Kata Kunci : Luas Kandang, Kiambang, Bobot Hidup, Karkas, Lemak Abdomen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir.Tertia Delia Nova,M.Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 14 Feb 2017 07:44
Last Modified: 06 Jun 2017 11:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23249

Actions (login required)

View Item View Item