PENGARUH PERBEDAAN KONSENTRASI HCl DALAM PROSES HIDROLISIS α-SELULOSA DARI KLOBOT JAGUNG (Zea mays, L.) TERHADAP KARAKTERISTIK MIKROKRISTALIN SELULOSA

Diana, Larasati (2017) PENGARUH PERBEDAAN KONSENTRASI HCl DALAM PROSES HIDROLISIS α-SELULOSA DARI KLOBOT JAGUNG (Zea mays, L.) TERHADAP KARAKTERISTIK MIKROKRISTALIN SELULOSA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
4. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi Asam Klorida (HCl) dan menentukan tingkat konsentrasi HCl terbaik dalam proses hidrolisis α-selulosa dari klobot jagung (Zea mays sacharata) terhadap karakteristik mikrokristalin selulosa (MCC). Penelitian ini telah dilakukan di Laboratorium Teknologi Pertanian Universitas Andalas Padang pada bulan Juli 2016 sampai dengan November 2016. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Data hasil pengujian MCC dianalisis secara statistika dengan menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Perlakuan dengan konsentrasi terbaik dibandingkan dengan MCC komersial Avicel PH 102® menggunakan t-test independent pada taraf nyata 5%. Perlakuan dalam penelitian ini adalah perbedaan konsentrasi HCl dari rentang 1,5 N, 2,0 N, 2,5 N, 3,0 N dan 3,5 N. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan konsentrasi HCl dalam proses hidrolisis α-selulosa dari klobot jagung berpengaruh nyata terhadap pengamatan produk berupa rendemen, bentuk fisik, sisa pemijaran, susut pengeringan dan zat larut dalam air, namun tidak berpengaruh nyata terhadap pH, derajat putih, kelarutan dalam air, asam encer dan etanol. Konsentrasi HCl terbaik dalam penelitian adalah konsentrasi HCl 3,0 N yang menghasilkan rendemen sebesar 72,86% terhadap α-selulosa dan 27,29% terhadap bahan baku serbuk klobot jagung, berbentuk serbuk halus berwarna putih dan tidak berbau, tidak larut dalam air, asam encer dan etanol, kadar zat larut dalam air 0,09%, nilai pH 6,3, derajat putih 79,67%, susut pengeringan 4,31%, sisa pemijaran 0,08%. Perbandingan karakteristik antara MCC klobot jagung dengan Avicel PH 102® memberikan hasil yang berbeda nyata terhadap nilai derajat putih, nilai pH dan sisa pemijaran, namun tidak berbeda nyata terhadap pemeriksaan fisik, kelarutan dalam air, asam encer dan etanol, zat larut air dan susut pengeringan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 17 Feb 2017 07:21
Last Modified: 17 Feb 2017 07:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23199

Actions (login required)

View Item View Item