ANALISIS PENINGKATAN KAPABILITAS APIP DENGAN MENGGUNAKAN INTERNAL AUDIT CAPABILITY MODEL (IACM) (STUDI KASUS PADA INSPEKTORAT KABUPATEN SOLOK)

Vera, Neldy (2016) ANALISIS PENINGKATAN KAPABILITAS APIP DENGAN MENGGUNAKAN INTERNAL AUDIT CAPABILITY MODEL (IACM) (STUDI KASUS PADA INSPEKTORAT KABUPATEN SOLOK). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover and abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi kapabilitas Inspektorat Kabupaten Solok, faktor-faktor yang menjadi kendala upaya peningkatan kapabilitasnya, serta untuk menganalisis langkah-langkah yang dilakukan Inspektorat Kabupaten Solok dalam upaya meningkatkan kapabilitas sesuai dengan Internal Audit Capability Model (IACM). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Cakupan pembahasan meliputi studi kasus di Inspektorat Kabupaten Solok. Adapun variabel penelitian yang dibahas adalah peningkatan kapabilitas APIP dengan menggunakan Internal Audit Capablity Model (IACM). Meliputi dimensi dari IACM yang terdiri dari enam elemen yaitu Peran dan Layanan Pengawasan Intern, Pengelolaan SDM, Praktik Profesional, Manajemen dan Akuntabilitas Kinerja, Hubungan dan Budaya Organisasi, serta Struktur Tata Kelola. Hasil penelitian menunjukkan secara umum level kapabilitas Inspektorat Kabupaten Solok berada pada level 2 dengan catatan. Langkah-langkah yang dilakukan Inspektorat Kabupaten Solok dalam meningkatkan kapabilitasnya belum sepenuhnya sesuai dengan Pedoman Teknis Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah Secara Mandiri, yaitu dengan belum terbentuknya tim khusus atau Satgas Peningkatan Kapabilitas, belum melakukan identifikasi area of improvement serta belum membuat rencana aksi (action plan). Selanjutnya, Inspektorat Kabupaten Solok diharapkan dapat melaksanakan langkah-langkah peningkatan kapabilitas sesuai dengan pedoman peningkatan kapabilitas APIP dalam hal ini Peraturan Kepala BPKP Nomor 1633/K/JF/2011. Kata Kunci: Peningkatan Kapabilitas APIP, Kapabilitas APIP, Kapabilitas, Aparat Pengawas Internal Pemerintah, APIP, Internal Audit Capability Model, IACM, Inspektorat Kabupaten Solok

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 10 Feb 2017 07:55
Last Modified: 10 Feb 2017 07:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23196

Actions (login required)

View Item View Item