STUDI EFISIENSI TUNGKU DENGAN BAHAN BAKAR BRIKET DARI KULIT DURIAN (Durio zibethinus) DAN TEMPURUNG KELAPA ( Cocos nucifera, L. )

Syahril, Hasan Nasution (2017) STUDI EFISIENSI TUNGKU DENGAN BAHAN BAKAR BRIKET DARI KULIT DURIAN (Durio zibethinus) DAN TEMPURUNG KELAPA ( Cocos nucifera, L. ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang karakteristik briket berbahan baku kulit durian dan tempurung kelapa sebagai bahan bakar alternatif telah dilakukan pada bulan Juli – September 2016. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian (TPPHP) Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efisiensi 2 buah tungku dengan bahan bakar briket dari kulit durian yang dikombinasikan dengan tempurung kelapa sehingga berguna dan dapat dimanfaatkan oleh lingkungan masyarakat sebagai bahan bakar alternatif. Penelitian ini menggunakan 3 perlakuan dengan perbandingan antara kulit durian, tempurung kelapa, dan perekat yaitu 3:1:1, 2:2:1, 1:3:1. Berdasarkan hasil penelitian dari penggunaan 2 buah tungku, efisiensi tungku besi lebih baik dibandingkan efisiensi tungku tanah liat. Pada tungku besi perlakuan yang menggunakan perbandingan 2:2:1 merupakan perlakuan terbaik dengan nilai 33,800% dan briket arang terbaik dari semua perlakuan terdapat pada perlakuan dengan perbandingan 1:3:1 yaitu dengan nilai kadar air 5,108%, kadar abu 7,906%, dan nilai kalor 6253,146 kal/g. Kata kunci : briket, kulit durian, tempurung kelapa, bahan bakar alternatif, efisiensi tungku

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: s1 Teknik Pertanian
Date Deposited: 10 Feb 2017 07:31
Last Modified: 10 Feb 2017 07:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23192

Actions (login required)

View Item View Item