KOLONISASI BEBERAPA JAMUR ANTAGONIS PADA BUAH CABAI (Capsicum annum L.) TERHADAP PENYAKIT ANTRAKNOSA YANG DISEBABKAN OLEH Colletotrichum gloeosporioides Penz.

Rizqa, Naipinta (2016) KOLONISASI BEBERAPA JAMUR ANTAGONIS PADA BUAH CABAI (Capsicum annum L.) TERHADAP PENYAKIT ANTRAKNOSA YANG DISEBABKAN OLEH Colletotrichum gloeosporioides Penz. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak b.indo dan inggris.pdf - Published Version

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skirpsi utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu penyakit penting pada tanaman cabai adalah penyakit antraknosa yang disebabkan oleh Colletotrichum gloeosporioides. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan jamur antagonis unggul yang mampu mengkolonisasi pada buah cabai sehingga efektif mengendalikan penyakit antraknosa yang disebabkan oleh Colletotrichum gloeosporioides. Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium Fitopatologi dan rumah kaca Fakultas Pertanian Universitas Andalas dari bulan Desember 2015 sampai Maret 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 10 Perlakuan dan 4 Ulangan. Perlakuan terdiri dari, jamur antagonis Trichoderma isolat 1, Trichoderma isolat 2, Trichoderma isolat 3, Trichoderma isolat 4, Paecilomyces isolat 1, Paecilomyces isolat 2, Paecilomyces isolat 3, Paecilomyces isolat 4, Aspergillus sp, dan Kontrol (tanpa perlakuan jamur antagonis). Aplikasi jamur dilakukan dengan menyemprotkan suspensi jamur ke permukaan buah cabai yang sudah dilukai dengan 5-6 tusukan. Hasil penelitian menunjukkan 9 jamur antagonis yang digunakan mampu mengkolonisasi buah cabai dengan tingkat kolonisasi 50-95%. Jamur Trichoderma isolat 2 dan Trichoderma isolat 3 merupakan yang terbaik dalam mengkolonisasi buah cabai dengan tingkat kolonisasi yang sama yaitu 95,83%, serta intenstas serangan penyakit antraknosa pada buah cabai sebesar 31,25% pada Trichoderma isolat 2 dan 38,75 % pada Trichoderma isolat 3. Kata kunci: Trichoderma, Paecilomyces, Aspergillus, kolonisasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 10 Feb 2017 07:38
Last Modified: 10 Feb 2017 07:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23186

Actions (login required)

View Item View Item