STUDI EKSTRAKSI XILAN BERDASARKAN POSISI KETINGGIAN DAN KEDALAMAN MENURUT ARAH JARI-JARI KAYU KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq)

Rido, Handika Putra (2015) STUDI EKSTRAKSI XILAN BERDASARKAN POSISI KETINGGIAN DAN KEDALAMAN MENURUT ARAH JARI-JARI KAYU KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak rido.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
skripsi full text rido.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan Kayu Kelapa Sawit sebagai bahan baku penghasil xilan serta mengetahui pengaruh posisi ketinggian dan kedalaman menurut arah jari-jari KKS, dan interaksi kedua faktor tersebut terhadap xilan hasil ekstraksi. Sintesis xilan dilakukan dengan mengkonversi Kayu Kelapa Sawit (KKS) melalui proses ekstraksi pada suhu ruang (28 0C) dengan kombinasi perlakuan berbagai taraf ketinggian dan berbagai taraf kedalaman menurut arah jari-jari KKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor ketinggian dan kedalaman serta interaksi kedua faktor tersebut berpengaruh nyata terhadap rendemen xilan yang dihasilkan, dimana semakin tinggi letak sampel maka rendemen xilan akan semakin tinggi sampai taraf ketinggian tiga meter, namun pada ketinggian empat dan lima meter rendemen xilan kembali turun, dan untuk kedalaman menurut arah jari-jari KKS rendemen xilan semakin tinggi seiring dengan semakin keluar letak sampel dari sumbu KKS. Rendemen tertinggi terdapat pada sampel dengan ketinggian tiga meter dan pada jari-jari 2/3-3/3 KKS (sampel A3B3) yaitu 7,166%, sedangkan rendemen terendah terletak pada ketinggian lima meter dengan jari-jari 0-1/3 KKS (sampel A5B1) yaitu 1,185%. Identifikasi xilan dengan uji warna dan pemeriksaan High Performance Liquid Chromatography (HPLC) menunjukkan bahwa xilan hasil ekstraksi adalah benar xilan, kemudian identifikasi terhadap sifat fisik yang meliputi kelarutan menunjukkan sifat yang sesuai dengan teoritis xilan. Kata Kunci - kayu kelapa sawit, kedalaman, ketinggian, xilan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 08 Feb 2017 07:06
Last Modified: 08 Feb 2017 07:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23124

Actions (login required)

View Item View Item