IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA SOLOK NOMOR 1 TAHUN 2008 TENTANG ETIKA PEMERINTAHAN DAERAH DI KECAMATAN LUBUK SIKARAH

Syaiful, Anwar (2016) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA SOLOK NOMOR 1 TAHUN 2008 TENTANG ETIKA PEMERINTAHAN DAERAH DI KECAMATAN LUBUK SIKARAH. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img] Text
Tesis Syaiful.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pemerintah daerah diberikan kewenangan yang luas untuk membuat kebijakan daerah dalam memberikan pelayanan, peningkatan peran serta, prakarsa dan pemberdayaan masyarakat yang bertujuan pada peningkatan kesejahteraan rakyat. Dalam rangka mewujudkan tata pemerintahan daerah yang baik (good local governance), diperlukan pegangan etik bagi setiap penyelenggara pemerintahan maupun kelompok masyarakat. Pemeritah Kota Solok menyadari hal ini, dan kemudian memberlakukan Peraturan Daerah Kota Solok Nomor 1 Tahun 2008 tentang Etika Pemerintahan Daerah Kota Solok. Salah satu SKPD yang menjadi ujung tombak Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat adalah pemerintah kecamatan. Pelayanan yang diberikan oleh aparatur pemerintah kecamatan kepada masyarakat dapat memberikan gambaran bagaimana penerapan dari etika pemerintahan daerah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah.Penelitian ini mengkaji bagaimana implementasi dari Peraturan Daerah Kota Solok Nomor 1 Tahun 2008 tentang Etika Pemerintahan Daerah Kota Solok di lingkup Kecamatan Lubuk Sikarah dan faktor-faktor yang menghambat implementasi Peraturan Daerah Kota Solok Nomor 1 Tahun 2008 tentang Etika Pemerintahan Daerah di Kecamatan Lubuk Sikarah. Dari hasil penelitian ini terungkap bahwa Implementasi Peraturan Daerah Kota Solok Nomor 1 Tahun 2008 tentang Etika Pemerintahan Daerah di Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok belum optimal yang dilihat dari aspek ukuran dan tujuan; sumber daya;.komunikasi antar organisasi dan kegiatan pelaksana; karakteristik badan pelaksana; kecenderungan / sikap pelaksana; dan lingkungan ekonomi, sosial dan politik.Sementara faktor-faktor yang menghambat implementasi Perda Etika Pemerintahan Daerah ini adalah : Perda tidak disosialisasikan dengan baik; kurangnya tingkat kesadaran aparatur dalam pelaksanaan etika pemerintahan dalam bertugas; sanksi sudah ada, namun belum diterapkan dengan baik; rekruitmen Komisi Penegakan Etika Pemerintahan (KPEPD) kurang obyektif; KPEPD dan Sekretariat tidak bekerja penuh waktu; dan Sumber Daya Manusia kurang profesional dan berkualitas. Kata kunci : Implementasi, Etika Pemerintahan Daerah, Perda Nomor 1 Tahun 2008.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 pembangunan wilayah
Date Deposited: 07 Feb 2017 03:10
Last Modified: 07 Feb 2017 03:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23073

Actions (login required)

View Item View Item