Analisis Rantai Nilai Pada Sistem Kemitraan Ayam Broiler Di Kota Padang (Studi Kasus Kemitraan PT. Japfa Comfeed)

HARAFIL, HARAFIL (2017) Analisis Rantai Nilai Pada Sistem Kemitraan Ayam Broiler Di Kota Padang (Studi Kasus Kemitraan PT. Japfa Comfeed). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak- revisi 3 pasca kompre.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img] Text (Skripsi FUlltext)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaku-pelaku yang terlibat dalam bisnis ayam broiler dengan system kemitraan pada PT.Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. dari hulu hingga hilir, serta peranan dari masing-masing pelaku. Menganalisis pengelolaan rantai nilai perusahaan, dan menganalisis margin on farm maupun off farm. Metode penelitian adalah survey dan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan informan kunci dan jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metoda yang digunakan untuk menganalisis rantai nilai adalah deskriptif kualitatif, pengelolaan rantai nilai dengan tabel Gereffi, dan margin dengan tabel margin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku-pelaku yang terlibat mulai dari sektor hulu hingga hilir adalah: PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk, PT. Multibreeder Adirama Indonesia, PT. Agrinusa Jaya Sentosa, PT. Ciomas Adisatwa, PT. Teratai Jaya dan PT. Bintang Permata, pedagang pengumpul, pedagang pengecer. Tipe pengelolaan rantai antara pemasok DOC, pakan, OVK, dan peralatan peternakan dengan peternak mitra adalah market value cahain. Sementara itu tipe pengelolaan rantai nilai antara pedagang ayam dengan peternak mitra adalah captive value chain dan antara pedagang dengan konsumen bertipe relational value chain. Pada pembesaran ayam broiler biaya terbesar dikeluarkan untuk membeli pakan (66.07%), dan biaya terendah dikeluarkan untuk membeli OVK (0.36%). Margin tertinggi diperoleh oleh pedagang pengecer (Rp. 4.000 per kg ayam) dan margin terendah diperoleh oleh peternak mitra (Rp. – 511,22per kg ayam) Kata Kunci: Ayam Broiler, Kemitraan,Pelaku, Tipe Rantai Nilai, dan Margin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 03 Feb 2017 09:37
Last Modified: 03 Feb 2017 09:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23065

Actions (login required)

View Item View Item