PERANCANGAN SISTEM SAMBUNGAN DAN KINEMATIKA GERAK PROTOTYPE ENGKEL BUATAN SATU SUMBU

Aqmal, Hidayat (2017) PERANCANGAN SISTEM SAMBUNGAN DAN KINEMATIKA GERAK PROTOTYPE ENGKEL BUATAN SATU SUMBU. Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstract)
01. Cover & Abstract.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
02. BAB I.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
05. Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Engkel buatan merupakan alat yang digunakan untuk meningkatkan mobilitas penyadang cacat engkel saat bergerak. Sampai saat ini telah banyak dikembangkan jenis-jenis engkel buatan dari bentuk yang sederhana (hanya dapat mengakomodasi mobilitas yang terbatas) hingga sangat kompleks (hampir menyerupai gerakan engkel manusia dengan menggunakan sistem penggerak dan kontrol yang rumit). Masing-masing model engkel buatan ini mempunyai kelebihan dan kekurangan yang dihubungkan dengan mobilitas gerak, kerumitan kostruksi, sistem penggerak dan kontrolnya. Pada penelitian ini dirancang dan dibuat sebuah prototype engkel buatan satu sumbu yang sederhana dengan jumlah komponen mekanik yang minimum tanpa penggunaan sistem pengontrolan dan penggerak namun dapat bergerak sesuai dengan gait cycle. Perancangan dan pembuatan prototype engkel buatan satu sumbu ini dilakukan dalam lima tahap, yaitu (1) konsep rancangan sistem sambungan dan kinematika gerak engkel buatan, (2) desain CAD dan perancangan komponen mekanik, (3) manufaktur komponen, (4) assembly prototype, dan (5) pengujian prototype engkel buatan satu sumbu. Prototype sistem engkel buatan satu sumbu ini memiliki tiga komponen utama yaitu pijakan utama, pijakan depan dan tungkai atas yang dihubungkan oleh dua sistem koneksi. Pertama sistem koneksi pijakan utama dengan tungkai atas yang dilengkapi dengan dua pegas helix torsional, masing-masing untuk gerak fleksi dorsi dan fleksi plantar, selanjutnya sistem koneksi pijakan utama dengan pijakan depan yang dilengkapi dengan satu pegas helix torsional untuk gerak pijakan depan. Engkel buatan satu sumbu dirancang untuk berat pengguna 60-65 kg dengan berat prototype 1.16 kg serta memiliki dimensi panjang 245 mm, lebar 103 mm, dan tinggi 224 mm. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa prototype engkel buatan satu sumbu memiliki batas gerak fleksi dorsi 6.3˚ dan fleksi plantar 3.8˚ yang menunjukkan prototype yang dibuat mampu mengikuti gerak engkel manusia. Kata kunci : engkel buatan, prototype, gait cycle, fleksi dorsi, fleksi plantar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 03 Feb 2017 08:21
Last Modified: 03 Feb 2017 08:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23064

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item