Rancang Bangun Sistem Aerasi Otomatis Pada Keramba Jaring Apung Dengan Metode Fuzzy Logic Control - Sugeno Studi Kasus Danau Maninjau

Muhammad, Rizky (2017) Rancang Bangun Sistem Aerasi Otomatis Pada Keramba Jaring Apung Dengan Metode Fuzzy Logic Control - Sugeno Studi Kasus Danau Maninjau. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Full Skripsi)
Skripsi_1210451005.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Perikanan merupakan salah satu penggerak perekonomian di Indonesia. Salah satu bentuk budidaya perikanan adalah dengan menggunakan media keramba jaring apung. Danau Maninjau merupakan salah satu danau di Sumatera Barat yang dijadikan sebagai tempat pembudidayaan ikan dengan media keramba jaring apung namun pada tahun 2015 keramba jaring apung di danau Maninjau telah melebihi kapasitas dan membuat kualitas nya airnya menjadi tercemar sehingga oksigen terlarut pada perairannya sangat fluktuatif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem aerasi yang mampu meningkatkan oksigen terlarut di keramba jaring apung di perairan danau Maninjau secara otomatis yang menggunakan indikator berupa intensitas cahaya matahari dan suhu. Sistem aerasi juga didukung sistem monitoring untuk mengawasi kondisi pH dan suhu air pada keramba jaring apung. Data yang diperoleh oleh sistem utama akan dikirimkan oleh mikrokontroller ke web server dengan media jaringan internet menggunakan NodeMCU. Data yang ada di web server juga ditampilkan pada smartphone menggunakan aplikasi mobile monitoringkja. Kata Kunci : Keramba jaring apung, oksigen terlarut, NodeMCU, pH, Suhu, Web Server.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Komputer
Depositing User: s1 sistem komputer
Date Deposited: 13 Mar 2017 02:10
Last Modified: 13 Mar 2017 02:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22943

Actions (login required)

View Item View Item