PENYELESAIAN SENGKETA MURABAHAH KOPERASI MITRA SEJATI (SAHABAT UKM) DI PENGADILAN AGAMA KELAS IB BUKITTINGGI (STUDI KASUS PERKARA NO. 0611/Pdt.G/2015/PA.Bkt)

ANISA, RAHMAN (2017) PENYELESAIAN SENGKETA MURABAHAH KOPERASI MITRA SEJATI (SAHABAT UKM) DI PENGADILAN AGAMA KELAS IB BUKITTINGGI (STUDI KASUS PERKARA NO. 0611/Pdt.G/2015/PA.Bkt). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV PENUTUP)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi gabung.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)

Abstract

Dalam ekonomi syari’ah yang menjadi ukuran seseorang menundukkan diri pada hukum Islam atau tidak adalah pada akad yang dilakukannya, bilamana transaksi dilakukan dengan menggunakan akad syari’ah sudah dianggap menundukkan diri secara sukarela. Salah satu akad yang digunakan dalam pembiayaan adalah akad murabahah. Berdasarkan penjelasan Pasal 19 ayat (1) huruf d Undang-Undang No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syari’ah, yang dimaksud dengan akad murabahah adalah akad pembiayaan suatu barang dengan menegaskan harga belinya kepada pembeli dan pembeli membayarnya dengan harga yang lebih sebagai keuntungan yang telah disepakati. Permasalahan muncul antara nasabah dengan Koperasi Mitra Sejati (Sahabat UKM) cabang Bukittinggi yang disebabkan dari tidak terpenuhinya kewajiban (wanprestasi) oleh salah satu pihak, dan pada akhirnya menimbulkan sengketa. Di Koperasi Mitra Sejati (Sahabat UKM) Cabang Bukittinggi terjadi sengketa akad murabahah antara pihak nasabah dengan pihak koperasi yang diselesaikan di Pengadilan Agama Bukittinggi. Skripsi ini menjawab 3 (tiga) pokok permasalahan yaitu latar belakang terjadinya sengketa murabahah pada Koperasi Mitra Sejati (Sahabat UKM), Penyebab nasabah mengajukan perlawanan terhadap koperasi mitra sejati (sahabat UKM) dan KPKNL Bukittinggi, Proses penyelesaian sengketa murabahah Koperasi Mitra Sejati (Sahabat UKM) yang diselesaikan di Pengadilan Agama Bukittinggi. Permasalahan-permasalahan tersebut dijawab dengan melakukan penelitian yang menggunakan metode penelitian yuridis sosiologis yang bersifat deskriptif. Dari data primer dan sekunder yang dikumpulkan, penulis analisa dengan menggunakan analisa kualitatif. Dengan dilakukan penelitian telah berhasil menjawab permasalahan (1) latar belakang terjadinya sengketa adalah usaha nasabah mengalami kemacetan sehingga tidak sanggup lagi untuk membayar pokok dan margin kepada Koperasi Mitra Sejati (Sahabat UKM) Cabang Bukittinggi. (2) penyebab nasabah mengajukan perlawanan terhadap koperasi mitra sejati (sahabat UKM) dan KPKNL Bukittinggi karena nasabah keberatan permohonan lelang eksekusi hak tanggungan yang diajukan koperasi kepada KPKNL Bukittinggi. (3) proses yang dilalui dalam penyelesaian sengketa tersebut melalui mediasi di Pengadilan Agama Bukittinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penyelesaian sengketa murabahah koperasi mitra sejati diselesaikan melalui mediasi berakhir damai diantara para pihak. Disarankan kepada koperasi dalam menerapkan pembiayaan murabahah hendaknya benar-benar dilaksanakan berdasarkan ketentuan hukum Islam sehingga terhindar dari perbuatan yang meyimpang dari prinsip-prinsip syari’ah terutama sekali tentang rukun dan ketentuan akad murabahah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 10 Feb 2017 08:24
Last Modified: 10 Feb 2017 08:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22869

Actions (login required)

View Item View Item