Studi Efisiensi Tungku Briket dengan Variasi Bahan Bakar Briket dari Kotoran Kuda dengan Kombinasi Tempurung Kelapa (Cocosnucifera, L.)

RIZKI, NOVRINANDA (2017) Studi Efisiensi Tungku Briket dengan Variasi Bahan Bakar Briket dari Kotoran Kuda dengan Kombinasi Tempurung Kelapa (Cocosnucifera, L.). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[img] Text
skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang efisiensi tungku berbahan baku kotoran kuda dan tempurung kelapa sebagai bahan bakar alternatif telah dilakukan pada bulan Agustus - Oktober 2016. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian (TPPHP) Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas Padang. Briket dengan campuran kotoran kuda dan tempurung kelapa merupakan salah satu sumber energi alternatif untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengkaji efisiensi tungku dengan bahan bakar briket dari kotoran kuda yang dikombinasikan dengan tempurung kelapa dan untuk mendapatkan komposisi briket terbaik yang sesuai dengan SNI. Penelitian ini memberikan 5 perlakuan dan 3 ulangan komposisi berbeda dengan bahan baku kotoran kuda dan tempurung kelapa yaitu A (1:0), B (1:2), C (1:1), D (2,1), E (0:1). Penambahan arang tempurung kelapa mampu menaikan kualitas briket arang pada semua komposisi perlakuan. Briket arang terbaik dari semua perlakuan terdapat pada perlakuan E dengan komposisi kotoran kuda dan tempurung kelapa (0:1) yaitu kadar air 6,771 %, bagian yang hilang 19,477 %, kadar abu 9,934 %, dan nilai kalor 5032,20 kal/g. Kata kunci : Briket, Kotoran Kuda, Tempurung Kelapa, Efisiensi Tungku

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian
Depositing User: s1 Teknik Pertanian
Date Deposited: 03 Feb 2017 07:12
Last Modified: 03 Feb 2017 07:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22845

Actions (login required)

View Item View Item