PENGARUH PARITAS (I dan II) DAN JENIS KELAMIN TERHADAP BOBOT LAHIR ANAK PADA SAPI SIMMENTAL DI BPTU HPT (BALAI PEMBIBITAN TERNAK UNGGUL HIJAUAN PAKAN TERNAK) PADANG MENGATAS

RAJA, INDRA RUSMAN (2017) PENGARUH PARITAS (I dan II) DAN JENIS KELAMIN TERHADAP BOBOT LAHIR ANAK PADA SAPI SIMMENTAL DI BPTU HPT (BALAI PEMBIBITAN TERNAK UNGGUL HIJAUAN PAKAN TERNAK) PADANG MENGATAS. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (abstrak)
2. Abstrak.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i)
5. BAB I.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
9. BAB V.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
10. Daftar Pustaka terbaru.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (760kB) | Request a copy

Abstract

Raja Indra Rusman di bawah bimbingan Prof. Dr. Ir. Hj. Arnim, MS dan Prof. Dr. Ir. Zaituni Udin, M.Sc Bagian Produksi dan Tekhnologi Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus Limau Manis Padang ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara paritas (I dan II) dan jenis kelamin, antar paritas induk dan antar jenis kelamin terhadap bobot lahir anak pada sapi Simmental. Penelitian ini menggunakan 32 ekor sapi Simmental dengan faktor lingkungan dan manajemen yang seragam yang terdiri dari 8 ekor anak sapi jantan paritas I, 8 ekor anak betina paritas I, 8 ekor anak jantan paritas 2 dan 8 ekor anak betina paritas II. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pengambilan data yang ada pada BPTU HPT Padang Mengatas. Penelitian ini merupakan percobaan faktorial 2 X 2 dengan 8 ulangan dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL), faktor pertama adalah paritas (paritas 1 dan paritas 2) faktor kedua jenis kelamin (jantan dan betina). Peubah yang diamati adalah bobot lahir anak sapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara paritas induk dan jenis kelamin terhadap bobot lahir anak (P>0,05) sedangkan antar paritas induk terdapat pengaruh yang sangat nyata terhadap bobot lahir anak (P<0.01) demikian juga antar jenis kelamin terdapat pengaruh yang nyata terhadap bobot lahir anak (P<0.05). Kata kunci : Sapi Simmental, paritas, jenis kelamin, bobot lahir anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 02 Feb 2017 03:36
Last Modified: 02 Feb 2017 03:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22714

Actions (login required)

View Item View Item