PEMANFAATAN MELATI AIR (Echinodorus palaefolius)SEBAGAI FITOREMEDIATOR PADA AIR TERKONTAMINASI KADMIUM (Cd) DAN SENG (Zn)

Mega, Oktavia (2017) PEMANFAATAN MELATI AIR (Echinodorus palaefolius)SEBAGAI FITOREMEDIATOR PADA AIR TERKONTAMINASI KADMIUM (Cd) DAN SENG (Zn). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
cover dan abstrak mega oktavia.pdf - Published Version

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH)
SKRIPSI MEGA OKTAVIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fitoremediasi adalah sebuah metode untuk mengurangi pencemaran lingkungan tanah, air, dan udara dengan menggunakan tanaman. Metoda ini lebih murah, efisien, dan ramah lingkungan. Pada penelitian ini melati air yang berumur 3 bulan di tanam pada 1L air terkontaminasi Cd dan Zn dengan variasi konsentrasi 0 mg/L, 20 mg/L, 40 mg/L, 60 mg/L dan 80 mg/L yang dilakukan pada waktu kontak 7 hari. Konsentrasi logam Cd dan Zn dalam larutan sebelum dan sesudah fitoremediasi serta logam Cd dan Zn yang terakumulasi pada akar dan bagian batang diukur dengan menggunakan Spektrofotometer Serapan Atom (SSA). Penurunan konsentrasi Cd dan Zn tertinggi dalam media tanam yaitu 82% dan 82,76%pada konsentrasi perlakuan 20 mg/L. Akumulasi logam Cd dan Zn tertinggi pada bagian tanaman terdapat pada akar dengan konsentrasinya adalah 438,48 mg/kg dan 293,02 mg/kg yaitu pada konsentrasi perlakuan 80 mg/L. Tanaman melati air dapat dikatakan sebagai tanaman hiperakumulator bagi air terkontaminasi logam Cd dan Zn dikarenakan mampu meremediasi sebagain logam pada air terkontaminasi Cd dan Zn. Kata kunci : Fitoremediasi, Melati air (Echinodorus palaefolius), Cd(II), Zn(II), SSA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 06 Feb 2017 03:05
Last Modified: 06 Feb 2017 03:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22567

Actions (login required)

View Item View Item