PELAKSANAAN HAK PENDIDIKAN ANAK PIDANA YANG SEDANG MENJALANI PEMBINAAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ( STUDI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A PADANG)

DIANITA, RAHMI SAFITRI (2017) PELAKSANAAN HAK PENDIDIKAN ANAK PIDANA YANG SEDANG MENJALANI PEMBINAAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ( STUDI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A PADANG). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Absrak.pdf - Published Version

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka fix.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
SKRIPSI GABUNG.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Setiap warga negara berhak untuk mendapatkan pendidikan sebagaimana yang diamanatkan dalam Pasal 31 Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945. Tidak terkecuali terhadap Anak yang sedang menjalani masa pidana di Lembaga Pemasyarakatan. Anak ini kita kenal dengan istilah Anak Pidana. Anak Pidana adalah anak yang berdasarkan putusan pengadilan menjalani pidana di LAPAS Anak paling lama sampai berumur 18 (delapan belas) tahun. Namun di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Padang yang merupakan Lapas untuk narapidana dewasa ternyata juga membina Anak Pidana. Oleh karena itu, dalam konteks pemberian pendidikan terhadap anak pidana, penulis berkeinginan untuk melakukan penelitian di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Padang, dan mengangkatnya dalam bentuk judul “Pelaksanaan Hak Pendidikan Bagi Anak Pidana yang Sedang Menjalani Pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Padang)”. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1). Bagaimanakah pelaksanaan hak anak pidana dalam hal mendapatkan pendidikan di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Padang, (2) Kendala Apakah yang dihadapi petugas Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Padang dalam upaya melakukan pelaksanaan hak anak pidana untuk mendapatkan pendidikan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan tersebut, (3) Bagaimana solusi yang diambil oleh petugas Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Padang untuk mengatasi kendala-kendala yang timbul dalam pelaksanaan hak pendidikan bagi anak pidana di Lembaga Pemasyarakatan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu yuridis sosiologis dengan menggunakan data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumen. Data yang diperoleh diolah dengan metode editing dan dianalisis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan hak pendidikan Anak Pidana belum sepenuhnya terpenuhi, disini belum ada program pendidikan formal bagi anak pidana.pedidikan dilakukan dengan penyuluhan dan kerjasama dengan program praktek lapangan mahasiswa IAIN. Adapun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan hak pendidikan bagi Anak Pidana ini antara lain, terbatasnya sarana dan prasarana untuk pendidikan Anak Pidana, Kurangnya mitra kerja dalam pelaksanaan pendidikan bagi Anak Pidana, kurangnya minat pendidikan Anak Pidana, serta latar belakang pendidikan anak yang kurang. Adapun saran yang dapat diusulkan yaitu: (1) pemerintah setempat perlu memberikan peranan langsung untuk lebih memperhatikan pendidikan bagi anak yang bermasalah dengan hukum, (2) petugas Lapas diharapkan tidak berhenti untuk melaksanakan pendidikan bagi Anak Pidana meskipun ada kendala yang menghalangi (3) diharapkan pemerintah lebih memperhatikan pendidikan anak agar tidak adanya anak yang putus sekolah sehingga melakukan perbuatan pidana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 15 Mar 2017 08:10
Last Modified: 15 Mar 2017 08:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22460

Actions (login required)

View Item View Item