PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB UNTUK PENGELOLAAN PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA DI KOTA PADANG

ISRA, WILNA (2017) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB UNTUK PENGELOLAAN PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
bab I.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI)
Bab VI.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) merupakan suatu wadah kegiatan program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya. Berdasarkan data dari Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB), PIK Remaja tersebut berasal dari jalur sekolah, jalur luar sekolah, dan jalur perguruan tinggi yang tersebar di 11 kecamatan di Kota Padang. Adapun permasalahan yang sering terjadi dalam pengelolaan PIK Remaja adalah sulitnya dalam mengumpulkan laporan dari masing-masing PIK Remaja serta membutuhkan waktu yang cukup lama dalam penyampaian informasi ke masing-masing PIK Remaja karena sekretariat mereka yang tidak diketahui. Oleh karena itu dibangun sebuah sistem informasi geografis pengelolaan PIK Remaja di Kota Padang yang diimplementasikan ke dalam aplikasi web. Aplikasi dibangun dengan menggunakan metode waterfall. Aplikasi ini dibangun dengan 23 fungsional diantaranya pengguna dapat melihat posisi saat ini, pencarian PIK Remaja berdasarkan kategori, berdasarkan nama PIK Remaja, berdasarkan jalur PIK Remaja, berdasarkan wilayah, pencarian PIK Remaja yang terdekat dari posisi pengguna, melihat informasi PIK Remaja serta melihat rute menuju PIK Remaja yang dipilih dari posisi user saat ini. Sedangkan admin BPMPKB dapat melakukan login, menambah data PIK Remaja, melihat data PIK Remaja, mengubah data PIK Remaja, menambahkan berita, melihat berita serta dapat mengunduh laporan. Kemudian admin PIK Remaja dapat melakukan login, melihat berita, mengunggah laporan, melihat laporan yang telah diunggah, melihat profil PIK Remaja, mengubah profil PIK Remaja, melihat data anggota PIK Remaja, menambah data anggota PIK Remaja serta dapat mengubah data anggota PIK Remaja. Aplikasi web dibangun menggunakan HTML, CSS, PHP untuk mengakses web server, dan javascript serta memanfaatkan library bootstrap dan jquery untuk memudahkan dalam proses coding. Data yang diperlukan dalam aplikasi ini disimpan pada database PostgreSQL dengan ekstensi PostGIS. Dalam perancangan sistem dihasilkan 9 tabel untuk database dan 17 rancangan user interface. Pengujian yang digunakan menggunakan metode Blackbox. Pengujian dilakukan kepada lima orang yaitu kepala bidang KB/KS BPMPKB kota padang, koordinator pengelolaan program PIK Remaja BPMPKB kota padang, anggota PIK Remaja di Kota Padang, pelajar, dan mahasiswa. Kata kunci: PIK Remaja, BPMPKB, Kota Padang, PostGIS, Sistem Informasi Geografis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Haris Suryamen, M.Sc
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 20 Apr 2017 04:22
Last Modified: 20 Apr 2017 04:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22452

Actions (login required)

View Item View Item