ANALISIS PENDAPATAN USAHA DADIH PADA PETERNAKAN KERBAU RAKYAT (STUDI KASUS DI JORONG PANDAN GADANG RANGGO MALAI NAGARI GADUT KECAMATAN TILATANG KAMANG KABUPATEN AGAM)

DESKI, SETIAWAN (2016) ANALISIS PENDAPATAN USAHA DADIH PADA PETERNAKAN KERBAU RAKYAT (STUDI KASUS DI JORONG PANDAN GADANG RANGGO MALAI NAGARI GADUT KECAMATAN TILATANG KAMANG KABUPATEN AGAM). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
abstrak dan cover deski.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB1)
bab1.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB5)
bab5.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
full text deskii2222.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapanaspek teknis pemeliharaan kerbau penghasil dadih, berapa besar produksi susu dan produksi dadih, dan berapa besar pendapatan usahadadih. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 10Desember 2015 sampai 20Januari 2016, menggunakan metode studi kasus. Pengambilan sampel dilakukan secara sensus, dengan jumlah sampel yang didapat sebanyak 20 orangpeternak yang memproduksi dadih.Daerah penelitian ditetapkan secara purposif (sengaja) yaitu banyak dijumpai peternak kerbau penghasil dadih. Pengambilan sampel ditentukan dengan syarat, pada saat penelitian peternak sedang memproduksi dadih. Analisis data yang digunakan yaitu secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peternak kerbau Jorong Pandan Ranggo Malai dalam menerapkan aspekteknis pemeliharaan ternak kerbau tidak diterapkan dengan baik, hal ini terlihat dari persentase yang dapat diterapkan oleh peternak yaitu sebanyak 44,2%. Produksi susu kerbau berkisar antara 1,8–1,9 liter/hari/ekor danproduksi dadih berdasarkan peternak yang memiliki jumlah induk laktasi 1 ekor menghasilkan 13 tabung/hari, kepemilikan 2 ekor induk laktasi mengahasilkan 26 tabung/hari, kepemilikan 3 ekor induk laktasi menghasilkan 37 tabung/hari. Hasilpenelitian terhadap analisis pendapatan usaha dadih, peternak memperoleh pendapatan rata-rata sebesar Rp. 526.576,389/ekor/bulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 31 Jan 2017 08:20
Last Modified: 31 Jan 2017 08:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22449

Actions (login required)

View Item View Item