Kajian Flight to Quality atau Contagion Effect (Studi Empiris: Pasar Keuangan di Indonesia dan Amerika Serikat Periode Krisis dan Setelah Krisis Keuangan Global)

Khairani, Saladin (2017) Kajian Flight to Quality atau Contagion Effect (Studi Empiris: Pasar Keuangan di Indonesia dan Amerika Serikat Periode Krisis dan Setelah Krisis Keuangan Global). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER + Abstrak.pdf - Published Version

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img] Text (FULL SKRIPSI)
Full Skripsi_1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terjadinya keberadaan flight to quality atau contagion effect pada pasar keuangan di Indonesia dan Amerika Serikat pada periode krisis dan setelah krisis keuangan global. Sampel penelitian ini adalah data harian IHSG, data harian Imbal Hasil Obligasi Indonesia 10-Year, data harian Indeks S&P 500, dan data harian Imbal Hasil Obligasi U.S 10-Year periode 27 Agustus 2008 sampai 30 Desember 2015 dimana dibagi ke dalam dua periode yaitu periode krisis (15 September 2008 – 31 Maret 2009) dan setelah krisis (01 April 2009 – 30 Desember 2015). Pengelolaan data penelitian dilakukan dengan aplikasi STATA 12 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi flight to quality pada pasar keuangan di Indonesia yang ditandai dengan korelasi negatif antara return IHSG dan return Imbal Hasil Obligasi Indonesia 10-Year pada periode krisis dan setelah krisis keuangan global, sedangkan di Amerika Serikat terindikasi terjadinya contagion effect yang ditandai dengan korelasi positif antara return Indeks S&P 500 dan return Imbal Hasil Obligasi U.S 10-Year pada periode krisis dan setelah krisis keuangan global. Kata Kunci : Flight to Quality, Contagion Effect, Saham, Obligasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 31 Jan 2017 07:25
Last Modified: 31 Jan 2017 07:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22419

Actions (login required)

View Item View Item