Perbaikan Rancangan Fasilitas Halte Bus Trans Padang dengan Prinsip Ergonomi dan Analisis Rate of Return

Sonia, Irma Novita (2017) Perbaikan Rancangan Fasilitas Halte Bus Trans Padang dengan Prinsip Ergonomi dan Analisis Rate of Return. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup))
3. Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pembangunan transportasi beserta sarana dan prasarana yang pesat menunjukkan bahwa mutu pelayanannya kepada masyarakat juga harus meningkat. Namun fakta di lapangan membuktikan bahwa kapasitas kebutuhan dengan kualitas pelayanan yang disediakan belum sepenuhnya seimbang. Sebagai salah satu sistem transportasi, pelayanan Trans Padang dengan sarana yang ditawarkan dinilai tidak memuaskan khsususnya pada fasilitas halte. Berdasarkan hasil survei pendahuluan menggunakan Checklist dengan konsep pembangunan halte menurut Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Peraturan Menteri Perhubungan dapat diketahui bahwa dari 42 unit halte permanen bus Trans Padang bahwa terdapat bangunan halte yang masih jauh dari standar kelayakan sehingga membuat pengguna tidak aman dan nyaman dalam menggunakannya. Pada penelitian sebelumnya yang membahas tingkat kepuasan pengguna layanan Trans Padang, disimpulkan bahwa adanya rekomendasi kebutuhan perbaikan pada beberapa fasilitas halte. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengevaluasi fasilitas halte sehingga keberadaan halte dapat memberikan kepuasan bagi pengguna. Penelitian ini dimulai dengan evaluasi halte bus Trans Padang yang ada pada saat ini dengan merujuk pada aturan yang berlaku dan 10 Physical Ergonomics Principle sehingga didapatkan rancangan usulan yang terbaik. Penentuan rancangan fasilitas halte merujuk pada prinsip ergonomi. Alternatif rancangan fasilitas halte terpilih divalidasi dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dengan software Expert Choice. Selanjutnya dilakukan analisis perbandingan rancangan halte existing dengan rancangan halte yang diusulkan. Penelitian ini menghasilkan perbaikan rancangan fasilitas halte bus Trans Padang dari segi dimensi, estetika, bahan material serta keamanan dan kenyamanan untuk setiap fasilitas halte terpilih. Alternatif kriteria rancangan terpilih adalah yang memiliki keunggulan pada kriteria bidang keamanan dan kenyamanan. Perbaikan fasilitas yang dihasilkan adalah tempat duduk, kanopi, ram, dinding, lantai, warna halte, tata letak fasilitas, kebutuhan papan informasi dan iklan, penambahan alat penerangan (lampu) dan penambahan tempat pembuangan sampah. Hasil perhitungan rencana anggaran biaya (RAB) pengadaan satu halte bus Trans Padang adalah sebesar Rp 27.281.000. Sedangkan analisis kelayakan investasi menggunakan metode Rate of Return (ROR) menujukkan bahwa investasi pengadaan halte usulan layak dilakukan namun dengan syarat pihak terkait harus mampu mempromosikan space iklan pada halte sehingga dapat meningkatkan pendapatan. Kata Kunci: 10 Physical Ergonomics Principles, ergonomi, halte, Rate of Return (ROR), Trans Padang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 10 Feb 2017 07:27
Last Modified: 10 Feb 2017 07:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22402

Actions (login required)

View Item View Item