ACIL, LONIKA (2013) POLITICAL MARKETING KANDIDAT WALI NAGARI BENI MONIKA PADA PEMILIHAN WALI NAGARI TABEK KECAMATAN PARIANGAN KABUPATEN TANAH DATAR TAHUN 2011. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text
185.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (560kB) |
Abstract
Pemilihan wali nagari merupakan wadah bagi kandidat untuk menduduki jabatan tertinggi dalam nagari. Seperti halnya dengan Pemilihan Wali Nagari Tabek yang diikuti oleh lima calon wali nagari melibatkan adanya proses marketing politik dalam pemilihan tersebut. seperti yang dilakukan oleh wali nagari terpilih Beni Monika pada masa sebelum pemilihan tahun 2011. Pelaksaan marketing politik yang telah dilakukan oleh Beni Monika diantaranya segmentasi, targetting, dan positioning. Dalam melaksanakan teknik segmentasi Beni Monika melakukan segmentasi demografi yaitu pengelompokan berdasarkan umur dan pekerjaan, segmentasi geografi yaitu pengelompokan berdasarkan domisili dan daerah pemilihan, dan segmentasi sosial budaya yaitu mengelompokan masyarakat berdasarkan sosil dan budaya yang ada dalam masyarakat. Selanjutnya dalam pelaksanaan teknik targetting yaitu penentuan fokus dan pemilihan target dari segmentasi yang telah dilakukan. dalam penelitian ini Beni Monika memfokuskan pada segmentasi demografi yaitu umur generasi muda dan pemilih pemula, dan pekerjaan yaitu petani sebagai mata pencaharian rata-rata masyarakat Nagari Tabek, serta fokus pada segmentasi sosial budaya yaitu Suku Malayu sebagai suku paling dominan di Nagari Tabek. Sedangkan pada pelaksanaan teknik positioning, Beni Monika melakukan tawaran produk politik dalam bentuk program kerja kepada masyarakat. melalui visi dan misinya Beni Monika menciptakan image politik yang baik ditengah masyarakat Nagari Tabek. Oleh karena marketing politik dengan menggunakan teknik segmentasi, teknik targetting, dan teknik positioning merupakan hal mutlak sebagai faktor penting yang harus dilakukan oleh, kandidat, maupun tim sukses dalam kampanye pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah. Pelaksanaan secara keseluruhan marketing politik ini menjadi faktor penting pendukung Beni Monika memenangkan Pemilihan Wali Nagari Tabek untuk periode 2011-2017. Kata kunci : pemilihan wali nagari, marketing politik, segmentasi, targetting, positoning
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JC Political theory |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Ms Ikmal Fitriyani Alfiah |
Date Deposited: | 29 Feb 2016 03:38 |
Last Modified: | 29 Feb 2016 03:38 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/2229 |
Actions (login required)
View Item |