Tindak Tutur Guru SLB Negeri 1 Padang dalam Proses Belajar-Mengajar (Tinjauan Pragmatik)

Febria, Rafni (2017) Tindak Tutur Guru SLB Negeri 1 Padang dalam Proses Belajar-Mengajar (Tinjauan Pragmatik). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
tugas akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini ada dua yaitu (1)Tindak lokusi, ilokusi, dan perlokusi dari tuturan guru SLB Negeri 1 Padang dalam proses belajar-mengajar. (2) Apa fungsi tindak tutur yang digunakan guru SLB Negeri 1 Padang dalam proses belajar-mengajar.Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan tindak lokusi, ilokusi, perlokusi dari tuturan guru SLB Negeri 1 Padang dalam proses belajar mengajar. Selanjutnya, tujuan penelitian ini menjelaskan fungsi tindak tutur yang digunakan oleh guru SLB Negeri 1 Padang dalam proses belajar-mengajar. Metode dan teknik yang digunakan pada tahap penyediaan data adalah metode simak. Teknik dasar yang digunakan pada metode ini adalah teknik sadap, dan teknik lanjutannya teknik simak bebas libat cakap (SBLC), teknik rekam, dan teknik catat. Pada tahap analisis data, metode yang digunakan adalah metode padan translasional, padan referensial dan metode padan pragmatis dengan teknik dasar berupa teknik pilah unsur penentu (PUP). Selanjutnya, pada tahap penyajian hasil analisis data digunakan metode informal. Bedasarkan hasil analisis data, digunakan tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi guru SLB Negeri 1 padang dalam proses belajar-mengajar. Tindak lokusi yang digunakan pada tuturan guru SLB Negeri 1 Padang ada (5) yaitu; menyatakan, menginformasikan, memberitahu, menjelaskan, dan bertanya. Ada (9) sub jenis tindak ilokusi yang digunakan pada tuturan guru SLB Negeri 1 Padang yaitu; asertif menyatakan, asertif memberitahu, direktif menanyakan, direktif menasihatkan, direktif melarang, direktif mengajak, direktif memerintah, direktif memperingatkan, dan ekspresif memuji. Selanjutnya, tindak perlokusi yang digunakan pada tuturan guru SLB Negeri 1 Padang terdiri atas 3 sub jenis, yaitu 1) membuat murid memahami ; 2) membuat murid berpikir tentang apa yang telah diajarkan oleh guru ; 3) guru juga mendorong murid untuk menjawab pertanyaan yang telah diberikan. Ada empat fungsi tindak tutur yang digunakan oleh guru SLB Negeri 1 Padang yaitu 1) fungsi kompetitif terdiri atas memerintah dan meminta, 2) fungsi konvival terdiri atas menyapa, mengucapkan salam, dan mengucapkan terima kasih, 3) fungsi kolaboratif terdiri atas menuntut, melaporkan, menjelaskan, dan memerintah. 4) fungsi konfliktif yaitu menyindir. Kata kunci : Tindak Tutur, Guru SLB, dan Pragmatik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 31 Jan 2017 02:09
Last Modified: 31 Jan 2017 02:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22273

Actions (login required)

View Item View Item