Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan budaya perawat pelaksana dalam menerapkan keselamatan pasien di instalasi rawat inap RSUP.Dr.M.Djamil Padang

Julimar, Julimar (2016) Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan budaya perawat pelaksana dalam menerapkan keselamatan pasien di instalasi rawat inap RSUP.Dr.M.Djamil Padang. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I ok.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII ok.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA ok.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img] Text (tesis lengkap)
tesis lengkapku ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keselamatan pasien menjadi masalah di rumah sakit baik di Indonesia maupun diluar negeri.Berdasarkan data Insiden Keselamatan Pasien dari komite mutu RSUP.Dr.M.Djamil Padang terdapat 20 kasus insiden keselamatan pasien dan terjadi penurunan kepatuhan petugas dalam melaksanakan identifikasi pasien, penerapan cuci tangan, kejadian pasien jatuh dan penerapan keselamatan operasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui analisis faktor – faktor yang berhubungan dengan budaya perawat dalam melaksanakan keselamatan pasien di Instalasi Rawat Inap RSUP Dr M Djamil Padang. Penelitian ini bersifat cross sectional study pada 209 orang perawat pelaksana di Instalasi Rawat Inap RSUP Dr M Djamil Padang, pengumpulan data dengan kuesioner. Analisa data univariat menggunakan distribusi frekuensi, bivariat dengan uji chi square, dan multivariat menggunakan uji logistic regression. Hasil penelitian 51,7% budaya perawat pelaksana dalam menerapkan keselamatan pasien masih kurang baik. Uji chi square didapatkan ada hubungan bermakna antara pengetahuan, sikap, motivasi, dan Standar Prosedur Operasional (SPO) dengan budaya keselamatan pasien. Tidak ada hubungan antara kepemimpinan, komunikasi, kerja tim dan fasilitas dengan budaya keselamatan pasien. Hasil uji multivariat didapatkan variabel sikap merupakan faktor dominan berhubungan dengan budaya keselamatan pasien. Diharapkan manajemen rumah sakit membangun budaya keselamatan yang lebih baik dengan memperhatikan faktor personal dan memanfaatkan perawat pelaksana yang memiliki budaya keselamatan pasien yang baik dalam kegiatan peer group, mentorship dan perseptorship. Kata Kunci : Budaya, Keselamatan Pasien, Faktor-faktor Daftar Pustaka : 45 (2001 - 2015 )

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 30 Jan 2017 08:16
Last Modified: 30 Jan 2017 08:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22257

Actions (login required)

View Item View Item