Karakteristik Buah Kepayang (Pangium edule Reinw) di Sumatera Barat dan Potensi Pemanfaatan Minyaknya sebagai Bahan Baku Biodiesel

Nofiarli, Nofiarli (2010) Karakteristik Buah Kepayang (Pangium edule Reinw) di Sumatera Barat dan Potensi Pemanfaatan Minyaknya sebagai Bahan Baku Biodiesel. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img] Text (Tesis Fulltext)
Thesis fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilakukan pada Laboratorium PP Fakultas Teknologi Pertanian Unand dari Oktober 2007 sampai Februari 2008. Tujuan penelitian : 1) Menentukan jumlah cangkang, daging dan minyak buah kepayang, 2) Menentukan metoda pengempaan yang sesuai untuk memperoleh minyak daging buah kepayang, 3) Mengetahui kualitas biodiesel dari minyak biji kepayang skala laboratorium, 4) Mengkaji potensi pemanfaatan buah kepayang. Pengujian parameter biodiesel adalah rendemen, viskositas, densitas, bilangan asam, bilangan iod, bilangan penyabunan, kadar gliserol, dan kadar ester. Dari penelitian diperoleh komposisi buah kepayang adalah daging biji 44,2% dan cangkang 55,98%. Komposisi daging biji adalah lemak 47%, proten 17,5%, karbohidrat 10,71%, dan bahan lain 24,79%. Pengempaan terbaik untuk biji buah kepayang adalah dengan pemberian tekanan bertahap sampai diperoleh tekanan maksimum 160 kg/cm2. Suhu awal pengempaan 700C. Jumlah minyak yang dapat terekstraksi 85,89% dari 47% total kandungan minyak. Pada uji parameter, biodiesel minyak kepayang telah memenuhi standar ASTM sehingga bisa sebagai pensubtitusi minyak solar. Tanaman kepayang memiliki potensi besar untuk kawasan hutan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 teknologi industri pertanian
Date Deposited: 01 Feb 2017 04:32
Last Modified: 01 Feb 2017 04:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22209

Actions (login required)

View Item View Item