Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelaksanaan Timbang Terima Pasien di Rawat Inap RSUD Pariaman Tahun 2016.

Dini, Qurrata Ayuni (2016) Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelaksanaan Timbang Terima Pasien di Rawat Inap RSUD Pariaman Tahun 2016. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan Abstrak)
ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB_I_..PDF - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB_VII_..PDF - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA..PDF - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img] Text (Thesis full Text)
TESIS_LENGKAP..PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Timbang terima adalah komunikasi oral dari informasi tentang pasien yang dilakukan oleh perawat pada pergantian shift jaga. Ketidak akuratan informasi dalam melakukan timbang terima dapat menimbulkan dampak yang serius pada pasien, hampir 70% kejadian yang menyebabkan kecacatan atau kematian disebabkan karena buruknya komunikasi. Penelitian bertujuan mengetahui faktor – faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan timbang terima pasien. Desain penelitian ini adalah cross sectional. Penelitian dilakukan di RSUD Pariaman Sampel 86 perawat dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Penelitian dilakukan bulan Juni 2016. Hasil penelitian lebih separuh pengetahuan perawat rendah 57,0%, lebih separuh sikap perawat baik 61,6%, lebih separuh 59,3 % perawat mendapat dukungan dari pimpinan, dan lebih separuh 60,5 % perawat tidak mendapat dukungan dari teman sejawat, sebagian besar 65,3 % kurang baik dalam pelaksanaan timbang terima pasien. Ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan dukungan teman sejawat dengan pelaksanaan timbang terima, tidak ada hubungan yang bermakna antara sikap dan dukungan pimpinan dengan pelaksanaan timbang terima. Pengetahuan lebih dominan berhubungan dengan pelaksanaan timbang terima pasien. Saran untuk pelayanan keperawatan agar melakukan sosialisasi, workshop atau pelatihan tentang timbang terima dan melakukan supervisi berjenjang pada semua aspek dalam pelaksanaan timbang terima. Kata kunci : Pengetahuan, Sikap, Dukungan Pimpinan, Dukungan Teman Sejawat, Pelaksanaan Timbang Terima Daftar pustaka : 72 (1994 – 2015)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 31 Jan 2017 01:36
Last Modified: 31 Jan 2017 01:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22112

Actions (login required)

View Item View Item