UJI EFEKTIVITAS ANTI HIPERASIDITAS SISTEM DISPERSI PADAT FAMOTIDIN-HPMC E5LV DAN FAMOTIDIN-MANITOL PADA TIKUS PUTIH JANTAN

Fuji, Yasardi (2016) UJI EFEKTIVITAS ANTI HIPERASIDITAS SISTEM DISPERSI PADAT FAMOTIDIN-HPMC E5LV DAN FAMOTIDIN-MANITOL PADA TIKUS PUTIH JANTAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Famotidin adalah antagonis histamin 2 yang digunakan dalam pengobatan kelebihan asam lambung. Famotidin diklasifikasikan ke dalam BCS kelas 4 dengan permeabilitas rendah dan kelarutan rendah. Karakteristik ini menyebabkan bioavailabilitas obat yang rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan efektivitas in vivo sediaan dispersi padat famotidin-HPMC E5LV 1:1 dan famotidin-manitol 1:2 dibandingkan dengan famotidin murni. Sejumlah 20 tikus dengan berat 200-300 g dibagi menjadi 4 kelompok dengan menerima dosis harian dispersi padat famotidin-HPMC E5LV; dispersi padat famotidin-manitol; dan famotidin murni dengan dosis setara 12 mg/kg famotidin dan kelompok yang lain sebagai plasebo. Setelah 8 hari pemberian sediaan uji, semua tikus dipuasakan selama 1 hari dan diinduksi aspirin secara oral. Setelah 4 jam kemudian semua tikus dikorbankan. Lambung dibedah dan pH cairan lambung diukur. Data perubahan pH dianalisis dengan uji One Way ANOVA (Analysis of Variance), dilanjutkan dengan Duncan’s MRT (Multiple Range Test). Hasil menunjukkan bahwa pemberian sedian uji menyebabkan efek yang signifikan terhadap perubahan pH cairan lambung (p< 0,05). Uji post hoc menetapkan bahwa efek dispersi padat famotidin-HPMV E5LV berbeda signifikan dibandingkan dengan famotidin murni. Penelitian ini disimpulkan bahwa sistem dispersi padat dapat meningkatkan efektivitas famotidin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 16 Feb 2017 07:34
Last Modified: 16 Feb 2017 07:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22071

Actions (login required)

View Item View Item