Eksternalitas Keberadaan Tambang Emas Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Solok Selatan (Studi Kasus Pertambangan Emas di Nagari Lubuk Gadang Kecamatan Sangir)

Niken, Yana Sari (2017) Eksternalitas Keberadaan Tambang Emas Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Solok Selatan (Studi Kasus Pertambangan Emas di Nagari Lubuk Gadang Kecamatan Sangir). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Niken Yana Sari 1310541018.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh eksternalitas yang diberikan oleh keberadaan Tambang Emas terhadap Tingkat Pendapatan, Pendidikan, Kesehatan dan Lingkungan masyarakat di Nagari Lubuk Gadang Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini menggunakan data primer dan tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner,wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode nonparametrik dan Uji Wilxocon. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa keberadaan tambang emas memberikan eksternalitas positif maupun eksternalitas negatif. Eksternalitas positif bahwa ada peningkatan pendapatan masyarakat sebelum adanya pertambangan rata-rata sebesar Rp0-500.000/minggu, setelah adanya pertambangan mengalami peningkatan sebesar Rp 300.000-25.000.000/minggu. Sedangan tingkat pendidikan mengalami peningkatan sarana dan prasarana pendidikan sudah memadai. Eksternalitas negatif menurunnya indikator kesehatan, sehingga biaya kesehatan yang dikeluarkan penambang mengalami peningkatan dari Rp22.500- 39.300 dan terjadinya pencemaran lingkungan. Kata kunci : Eksternalitas,pertambangan, sosial ekonomi, Metode Nonparametrik dan Uji Wilxocon

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: s1 ekonomi pembagunan
Date Deposited: 30 Jan 2017 02:50
Last Modified: 30 Jan 2017 02:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22019

Actions (login required)

View Item View Item