HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA RUANGAN DENGAN PENERAPAN PATIENT SAFETY PENGURANGAN RESIKO PASIEN JATUH DI RUANGAN RAWAT INAP RSI SITI RAHMAH PADANG 2016

RIKAYONI, RIKAYONI (2016) HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA RUANGAN DENGAN PENERAPAN PATIENT SAFETY PENGURANGAN RESIKO PASIEN JATUH DI RUANGAN RAWAT INAP RSI SITI RAHMAH PADANG 2016. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Cover dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab VII)
BAB VII (KESIMPULAN).pdf - Published Version

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (635kB) | Preview
[img] Text (tesis full text)
TESIS RIKAYONI LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (32MB) | Request a copy

Abstract

PROGRAM STUDI S2 KEPERAWATAN KEKHUSUSAN KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN KEPERAWATAN FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Tesis, Oktober 2016 Rikayoni HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA RUANGAN DENGAN PENERAPAN PATIENT SAFETY PENGURANGAN RISIKO PASIEN JATUH DIRUANG RAWAT INAP RSI SITI RAHMAH PADANG xvii + 103 hal + 8 tabel + 2 diagram + 12 lampiran + 2 bagan ABSTRAK Patient safety yaitu pasien bebas dari cedera yang seharusnya tidak terjadi atau bebas dari cedera yang potensial terjadi akibat pelayanan kesehatan.Risiko jatuh adalah suatu risiko untuk terjadinya suatu peristiwa di mana seorang mengalami jatuh dengan atau tanpa disaksikan oleh orang lain, tak disengaja/tak direncanakan, dengan arah jatuh ke lantai, dengan atau tanpa mencederai dirinya. Lebih dari 500.000 kejadian pasien jatuh di seluruh rumah sakit dan Kongres XII PERSI (2012) melaporkan bahwa kejadian pasien jatuh tercatat sebesar 14% di Indonesia.Hasil survey yang dilakukan masih ditemukan perawat pelaksana yang belum menerapkan patient safety.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan supervisi kepala ruangan dengan penerapan patient safety pengurangan risiko pasien jatuh di ruang rawat inap RSI Siti Rahmah Padang.Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel berjumlah 55 perawat diruang rawat inap RSI Siti Rahmah Padang, diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner dan lembar observasi dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah lebih dari separuh penerapan patient safety pengurangan risiko pasien jatuh di ruang rawat inap RSI Siti Rahmah Padang pada kategori kurang baik (58%) dan lebih dari separuh supervisi kepala ruangan di ruang rawat inap RSI Siti Rahmah Padang pada kategori kurang baik (64%) dan ada hubungan supervisi kepala ruangan dengan penerapan patient safety pengurangan risiko pasien jatuh di ruang rawat inap RSI Siti Rahmah Padang dengan nilai p=0,004. Diharapkan pihak manajerial rumah sakit dapat meningkatkan peran supervisi kepala ruangannya dengan mengikutsertakan kepala ruangan pada pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan keterampilan kepala ruangan dalam melakukan supervisi kepada perawat pelaksana. . Kata Kunci :Kepala Ruangan, Supervisi, Penerapan Patient Safety, Resiko Jatuh Daftar Pustaka : 70 (2006-2016)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 30 Jan 2017 07:38
Last Modified: 30 Jan 2017 07:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22013

Actions (login required)

View Item View Item