PENETAPAN INDEKS KAPABILITAS DAN KESESUAIAN LAHAN SAWAH PADA TANAH YANG BERKEMBANG DARI BATUAN EKSTRUSI DAN INTRUSI DI KENAGARIAN RAO-RAO KECAMATAN SUNGAI TARAB KABUPATEN TANAH DATAR

Yosepha, Yosi Raih Candra (2016) PENETAPAN INDEKS KAPABILITAS DAN KESESUAIAN LAHAN SAWAH PADA TANAH YANG BERKEMBANG DARI BATUAN EKSTRUSI DAN INTRUSI DI KENAGARIAN RAO-RAO KECAMATAN SUNGAI TARAB KABUPATEN TANAH DATAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)

Abstract

Tanah mempunyai karakteristik yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman yang akan diusahakan. Klasifikasi tanah dan evaluasi lahan merupakan salah satu cara untuk mengetahui kecocokan suatu lahan untuk mengembangkan tanaman pertanian. Kenagarian Rao-Rao berasal dari 2 jenis batuan induk yang berbeda yaitu batuan ekstrusi dan intrusi. Jenis batuan ekstrusi yang ada di Kenagarian Rao-Rao adalah andesit (Qama) dan tuff batu apung (Qpt), batuan intrusi nya adalah granit (g). Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan indeks kapabilitas dan kesesuaian lahan sawah pada tanah yang berkembang dari batuan ekstrusi dan intrusi. Dalam penelitian ini dilakukan pengumpulan data tanah yaitu : tekstur tanah, pH, C-Organik, kapasitas tukar katon (KTK) dan kejenuhan basa (KB). Penentuan kelas kesesuaian lahan dilakukan dengan metoda pencocokan (matching) berdasarkan kriteria karakteristik kualitas lahan yang sesuai untuk tanaman padi sawah menurut Sys (1993). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Indeks Kapabilitas lahan sawah dari tanah batuan induk granit adalah 54,18 dengan kriteria sesuai; Indeks Kapabilitas lahan sawah dari tanah batuan induk tuff batu apung adalah 54 dengan kriteria sesuai; Indeks Kapabilitas lahan sawah dari tanah batuan induk andesit adalah 63,75 dengan kriteria sesuai; (2) Kesuaian lahan sawah dari batuan granit (g) dengan batuan tuff batu apung (Qpt) memiliki kelas kesesuaian lahan sesuai marginal (S3) dengan faktor pembatas kesuburan tanah (S3-f) yaitu total kation basa. Sedangkan kesesuaian lahan sawah dari tanah batuan induk andesit (Qama) memiliki kelas kesesuaian cukup sesuai (S2) dengan faktor pembatas kesuburan tanah (S2-f) yaitu kejenuhan basa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 30 Jan 2017 05:08
Last Modified: 30 Jan 2017 05:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/21905

Actions (login required)

View Item View Item