INVESTIGASI BIDANG GELINCIR TANAH LONGSOR MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS KONFIGURASI SCHLUMBERGER SATU DIMENSI DI KECAMATAN BARANGIN KOTA SAWAHLUNTO

Verdillah, Nur Azizah (2023) INVESTIGASI BIDANG GELINCIR TANAH LONGSOR MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS KONFIGURASI SCHLUMBERGER SATU DIMENSI DI KECAMATAN BARANGIN KOTA SAWAHLUNTO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (524kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (315kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (427kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Investigasi bidang gelincir tanah longsor di Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto telah dilakukan menggunakan metode geolistrik resistivitas konfigurasi Schlumberger satu dimensi. Data yang digunakan merupakan data sekunder dari kantor Dinas ESDM Provinsi Sumatera Barat pada enam lintasan yang berada di Desa Santur, Durian Duo, dan Lubang Panjang. Panjang masing-masing lintasan yaitu 120 m, 100 m, 140 m, 100 m, 100 m, dan 200 m. Pengukuran nilai resistivitas batuan dilakukan menggunakan Resistivitymeter Naniura NRD 300 Plus. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software IPI2WIN versi lite dan Surfer untuk menampilkan citra lapisan bawah permukaan berdasarkan nilai resistivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Desa Santur tidak ditemukan bidang gelincir. Berdasarkan hasil ini diasumsikan bahwa Desa Santur tidak memiliki potensi longsor. Di Desa Durian Duo diperoleh nilai resistivitas berkisar 154 Ωm dan 51 Ωm, bidang gelincir ditemukan pada kedalaman 3,86 meter sampai 18 meter. Untuk Desa Lubang Panjang diperoleh nilai resitivitas berkisar 183 Ωm dan 430 Ωm, bidang gelincir ditemukan pada kedalaman 8,11 meter sampai 7,83 meter. Jenis batuan bidang gelincir pada daerah penelitian merupakan lapisan batu gamping. Bidang gelincir pada Desa Durian Duo dan Lubang Panjang termasuk kelas bidang gelincir yang dalam sehingga memiliki potensi tinggi untuk terjadinya tanah longsor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Afdal, M.Si
Uncontrolled Keywords: Bidang gelincir, ipi2win, longsor, resistivitas, schlumberger.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 20 Oct 2023 04:56
Last Modified: 20 Oct 2023 04:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/218163

Actions (login required)

View Item View Item